Self image dan impulsive buying terhadap produk fashion pada dewasa awal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self image dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada dewasa awal. Hipotes yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ada hubungan negatif antara self image dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada dewasa awalâ€. Penelitian dilakukan di Kota Surabaya dengan subyek perempuan dewasa awal berjumlah 70 orang. Pengambilan sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik incidental sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Self Image dan skala Impulsive Buying terhadap produk fashion yang selanjutnya dianalisis menggunakan product moment dengan program Statistic Package for Sosial Science for Windows (SPSS) versi 16.0 untuk membuktikan hipotesis. Hasil analisis korelasi product moment menghasilkan nilai rxy = 0,973 dengan p = 0,000 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara self image dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada dewasa awal.
Kata kunci: self image, impulsive buying, dewasa awaDownloads
References
Anastasia Anin F., Rasimin BS. & Nuryati Atamimi. 2008. Hubungan Self Monitoring Dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja. Jurnal Psikologi . Fakultas Psikologi. Universitas Gadjah Mada. Vol. 35, No.2 (181-193).
Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
_______. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Fleet. 2001. Mengenali dan Mengembangkan Kekuatan Tersembunyi di Dalam Diri. Alih bahasa : Sanudri Hendra. Jakarta : Spektrum.
Gardner, Luisz. 2004. Bagaimana Membangun dan Membina Citra Diri yang Positif. Bandung : CV. PIONIR JAYA.
Hadi, S. 2000. Statistik. Jilid III. Yogyakarta : Andi Offset.
______. 2001. Metodologi Research. Jilid 3. Yogyakarta : Andi Offset.
Henrietta, P. 2012. Impulsive Buying Pada Dewasa Awal di Yogyakarta. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 11, No. 2.
Indarjati, A. 2003. Sekilas Tentang Impulsive Buying. Psikodimensia. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata. Vol.4, No.1 (1-8).
Loudon, D.L & Bitta, A.J. 1993. Consumer Behaviour, Concept and Application. 4th ed. Singapura : Mc Graw-Hill Book Co.
Maltz, Maxwell. 2004. Kekuatan Ajaib Psikologi Citra Diri. Jakarta : Mitra Utama.
Mowen, J.C & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen.Edisi Kelima Jilid 2. (terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga.
Widawati, L (2011). Analisis perilaku “Impulse Buying†dan “Locus of Control†pada Konsumen di Carrefour Bandung. Jurnal Psikologi Universitas Islam, Bandung, Col. 17, No.2. bln Mei.
Wika, Aulia & Juneman, Abraham. 2013. Impulsive buying, cultural values dimension, and symbolic meaning of money : A study on college students in Indonesia’s capital city and it’s surrounding. International Journal of Research Studies In Psychology. Volume 2 Number 4, 35-52 bln Oktober.
http://my.clevelandclinic.org, diakses pada tanggal 20 november 2014
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.