Self efficacy dan persepsi terhadap dukungan organisasi dengan employee engagement

  • Etik Darul Muslikah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Terdapat banyak faktor yang berhubungan dengan engagement seseorang terhadap pekerjaan maupun perusahaan. Tidak hanya faktor yang bersumber dari diri seseorang, tetapi faktor yang bersumber dari luar juga dapat mempengaruhi engagement seseorang, dalam penelitian ini ialah self efficacy dan persepsi terhadap dukungan organisasi. Seseorang merasa terlibat dan totalitas kepada perusahaan apabila kedua faktor tersebut seimbang. Hipotesis mayor dalam ini penelitian ialah ada hubungan antara self efficacy dan persepsi dukungan organisasi dengan employee engagement. Subyek penelitian ini adalah karyawan di enam Rumah Sakit di Surabaya sebanyak 113 karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga skala yaitu skala employee engagement, skala self efficacy, dan skala persepsi terhadap dukungan organisasi. Pengujian terhadap hipotesis mayor dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda dan menunjukkan adanya hubungan signifikan antara self efficacy dan persepsi terhadap dukungan organisasi dengan employee engagement.

Kata Kunci: Self efficacy, persepsi terhadap dukungan organisasi, employee engagement

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakker, Arnold. B., Leiter, Michael. P. 2010. Work Engagement: A Handbook of Essential Theory and Research. New York: Psychology Press.

Bakker, A. B., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. 2006. Work engagement: An emerging concept in occupational health psychology. Journal of Work and Stress, 22 (3), 187-200.

Bandura, A. 1986. Social Cognition Theory. Prentice Inc. Englewood Cliffs, N.J.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistika. Yogyakarta: Andi.

Leiter & Maslach C. 1997. The truth about burnout: How organization cause personal stress and what to do about it. USA: Jossey Bass

Tanudjaja, RM. 2013. Hubungan Antara Konflik Keluarga-Kerja, Makna Kerja Sebagai Panggilan, dan Persepsi Terhadap Dukungan Organisasional Dengan Keterikatan Kerja Pada Guru. Jurnal Calyptra. Vol 2 No. 1, Maret 2013

Published
2019-01-24