Kepercayaan diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi : Studi Korelasi

  • Citra Mutiara Dewi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Almadian Septiana Putri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Muhammad Panji Zamzam Nugraha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Aniq Hudiyah Bil Haq Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara kepercayaan diri seseorang dengan intensitas penggunaan media sosial tiktok di Masa Pandemi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek sebanyak 98 orang respoden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Skala yang digunakan adalah Skala Kepercayaan diri dan Skala Intensitas Penggunaan Media sosial. Analisis data menggunakan teknik korelasi Product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara kepercayaan diri seseorang dengan intensitas penggunaan media sosial tiktok di Masa Pandemi. Berdasarkan data kualitatif dapat diketahui bahwa alasan seseorang menggunakan media sosial tiktok adalah karena selama pandemi jenuh berada di rumah, kebanyakan responden adalah penikmat video yang ada di tiktok dan hanya 10% dari responden yang aktif mengunggah video di Tiktok. Media sosial adalah sarana yang paling banyak digunakan remaja untuk terkoneksi dengan dunia sekitarnya dan juga berkreatifitas mengembangan minat dan bakat, dimasa pandemi ini banyak remaja yang belajar dari rumah sehingga lebih banyak pula menghabiskan waktu di depan smartphone ataupun Laptop sehingga penting bagi orang tua untuk mengawasi anak-anaknya dan tetap membangun komunikasi yang baik dengan anak-anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Wacana, 12(1), 86–109. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.170

Ardari, C. (2016). Pengaruh Kepercayaan diri terhadap Intensitas Penggunaan Media Sosial pada remaja Awal (PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA; Vol. 9). Retrieved from https://repository.usd.ac.id/6571/2/119114160_full.pdf

Atsani, Lalu Gede M Z. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Apjji.or.id (2020). Data Penguna Internet. http://Apjji.or.id

Aziz, A. A. Al. (2020). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan tingkat depresi pada mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 92–107.

Baker, K. R., & White, K. (2010). Predicting adolescents ’ use of social networking sites from an extended theory of planned behaviour. Computers in Human Behavior, 26(6), 1591–1597.

Basch, C. H., Hillyer, G. C., & Jaime, C. (2020). COVID-19 on TikTok: Harnessing an emerging social media platform to convey important public health messages. International Journal of Adolescent Medicine and Health. https://doi.org/10.1515/ijamh-2020-0111

Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi Tik-Tok Seru-Seruan Atau Kebodohan. Network Media, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.849

Hasanah, U., Fitri, N. L., Supardi, S., & PH, L. (2020). Depression Among College Students Due to the COVID-19 Pandemic. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 421. https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.421-424

Khasanah, F. N., Samsiana, S., & Handayanto, R. T. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62.

Palupi, N. D., Meifilina, A., Dyan, Y., & Harumike, N. (2020). Copyrights @ Balitar Islamic University , Blitar-Indonesia THE EFFECT OF USING TIKTOK APPLICATIONS ON SELF- CONFIDENCE LEVELS ( Study on Communication Science Students of Balitar Islamic University , Class of 2016-2020 ) JOSAR , Vol . 5 No . 2 Sepetember . 5(2), 66–74.

Rakhmayanti, I. (2020). Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y. Tekno.Sindonews.Com, https://tekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pen.

Santrock (2003) John W. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

WHO. (2020). https://covid19.who.int/. Diakses Tanggal 1 Februari 2021

Published
2021-03-10