Hubungan dampak cognitive dissonance dengan perilaku cyberbullying pada dewasa awal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dampak cognitive dissonance dengan perilaku cyberbullying pada dewasa awal. Metode.yang.digunakan oleh peneliti.adalah.jenis.penelitian.kuantitatif, secara spesifik menggunakan teknik penelitian korelasional dengan analisis product moment dari Karl Pearson. Total subjek penelitian ini adalah 120 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria berdomisili di Sidoarjo, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berusia 19 tahun sampai dengan 40 tahun, dan memiliki media sosial instagram. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini skala dampak cognitive dissonance dari teori (Festinger, 1957) dan skala perilaku cyberbullying menggunakan teori dari (Willard 2007). Uji hipotesis dengan teknik korelasi product moment pearson diperoleh p = 0,434 sig. 0,000 (< 0,01). Artinya terdapat hubungan positif antara dampak cognitive dissonance dengan perilaku cyberbullying. Semakin tinggi dampak cognitive dissonance maka semakin tinggi perilaku cyberbullying pada dewasa awal.
Downloads
References
Hurlock,.Elizabeth.B..(1980).Psikologi.Perkembangan.Suatu.Pendekatan.Sepanjang.Rentang Kehidupan (Edisi.Kelima)..Jakarta..Erlangga
Sarwono, Sarlito W. (2014).Teori-Teori Psikologi Sosial (Edisi.Revisi)..Jakarta. RajaGrafindo Persada
Azwar, Saifuddin. (2012).Penyusunan.Skala.Psikologi.(Edisi 2)..Yogyakarta..Pustaka.Pelajar
Sarwono, Sarlito W. (2016).Pengantar.Psikologi.Umum.(Edisi 1)..Jakarta..RajaGrafindo Persada
Hidayat, H. (2017).Hubungan.Kontrol.Diri.Dengan.Intensi.Melakukan.Cyberbullying..(Doctoral dissertation, University.of.Muhammadiyah.Malang).
Syahputri, F. M. (2019).Pengaruh.Kematangan.Emosi.Terhadap.Kecenderungan.Perilaku.Cyberbullying Pada.Masa.Dewasa.Awal. (Doctoral.dissertation,.Universitas.Negeri.Jakarta).
Nusantara, B. A. (2020).Efek.Empati.Terhadap.Cyberbullying.Melalui.Moral.Disengagement.Pada Mahasiswa.Universitas.Negeri.Semarang. (Doctoral dissertation,.Universitas.Negeri.Semarang).
Muzdalifah, F. (2020).Negative Emotional State dan Cyberbullying Pada Mahasiswa. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 9, 41-49.
Pratiwi, S. K. P. K., & Kusuma, R. S. (2019).Perilaku Cyberbullying Mahasiswa dengan Teman Sebaya. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12, 165-177.
S. Kemp, (2018, 1 Maret).Digital In Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and Ecommerce Use Around the World.
Di unduh dari https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola- pemakaian-medsos-orang-indonesia?page=all
Junianto, B. Dkk (2018, 13 Desember). Wajah satu pelaku pembully anak Ussy Sulistyowati terungkap.
Di unduh dari https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1103217-wajah-satu-pelaku-pembully-anak-ussy-sulistiawaty-terungkap
A’yun, Hanifa. Q. (2020, 10 Oktober).Dianggap lakukan cyberbullying, pihak Puan Maharani akan kerahkan 100 pengacara dari sabang hingga merauke untuk kepung Nikita Mirzani jika tak segera minta maaf.
Di unduh dari https://hits.grid.id/read/482374842/dianggap-lakukan-cyber-bullying-pihak- puan-maharani-akan-kerahkan-100-pengacara-dari-sabang-hingga-merauke- untuk-kepung-nikita-mirzani-jika-tak-segera-minta-maaf?page=all
Vlaminora, M. (2020, 21 November).akun Instagram Madam Vlaminora
Di unduh dari https://instagram.com/ncdpapl?igshid=1084vxmth38vf
Jeko, I. R. (2017, 21 Juli).Duh, Instagram paling sering digunakan untuk cyberbullying.
Di unduh dari https://www.liputan6.com/tekno/read/3030500/duh-instagram-paling-sering- digunakan-untuk-cyberbullying
Liputan6.com. (2017, 18 Juli).4 alasan warganet Indonesia jadi juara cyberbullying di dunia.
Di unduh dari https://www.liputan6.com/citizen6/read/3026600/4-alasan-warganet- indonesia-jadi-juara-cyberbullying-di-dunia
Iryana, A. N. (2019).Hubungan Identitas Etnis Jawa Dan Kesadaran Budaya Dengan Disonansi Kognitif Tentang Tindakan Cyberbullying Pada Siswa Kelas Xi Smk Palebon Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018).Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11, 145-156.
Maisarah, D. A., Noviekayati, I. G. A. A., & Pratitis, N. (2018).Hubungan Antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dengan Kecenderungan Cyberbullying Pada Remaja Awal Pengguna Media Sosial Instagram. Jurnal Psikologi Poseidon (Jurnal Ilmiah Psikologi dan Psikologi Kemaritiman), 1, 16-24.
Rahmawati, E. (2018).Quality Of Life Dan Sikap Terhadap Cyberbullying Pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Satalina, D. (2014).Kecenderungan perilaku cyberbullying ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), 294-310.
Sagita, D. R., Mamesah, M., & Filliani, R. (2012).Gambaran Perilaku Cyberbullying Siswa di SMK Negeri 30 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 83-88.
Arrizky, M. M. (2013).Pengaruh Rational Buying Motives Dan Emosional Buying Motives Terhadap Disonasi.Kognitif .Pemilik.Produk.Laptop. Journal.of.Universitas.Brawijaya.Malang, 1-15.
Audah, Z. (2020).Hubungan.Antara.Perspective.Taking.Dengan.Perilaku.Cyberbullying (Doctoral dissertation, Universitas.Muhammadiyah.Malang).
Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018).Pengaruh.media.sosial.terhadap.perilaku.cyberbullying.pada kalangan remaja..Cakrawala-Jurnal.Humaniora,.18(2), 257-262.
Ninoy, S. Y. (2013).Gambaran.Asupan.Zat.Gizi.dan.Aktivitas.Fisik.Mahasiswa.Ilmu.Keolahragaan.
Agustiawan, D. R. (2019).Social.Unrest.Aktivis.Mahasiswa.Ditnjau.Dari.Teori.Disonansi.Kognitif.
Waty, R. N. (2016).Pengaruh.Sikap.Terhadap.Produk.Fashion.Dan.Disonansi.Kognitif.Pada.Pengambilan Keputusan.Pembelian.Pada.Mahasiswa.Di.Kota.Bontang. MOTIVASI, 3(1), 43-58.
Bran, A., & Vaidis, D. C. (2020).On.the.Characteristics.of the.Cognitive.Dissonance.State:.Exploration Within.the.Pleasure.Arousal.Dominance.Model. Psychologica.Belgica, 60(1), 86.
Hutagalung, I. (2016).Disonansi.Kognitif.pada.Perilaku.Seks.Pranikah..Jurnal.Komunikasi.Ikatan.Sarjana Komunikasi.Indonesia, 1(2), 71-80.
Chotimah, A. K. (2019).Hubungan.Antara.Perspective-Taking.Dengan.Perilaku.Cyberbullying.Pada Remaja.Madya.(Doctoral.dissertation,.Universitas.Mercu.Buana.Yogyakarta).
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.