Hubungan antara kematangan emosi dan dukungan sosial teman sebaya dengan perilaku prososial

  • Ria Ayu Cahyaning Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • none Suroso Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya
  • Muhammad Farid Fakultas Psikologi, Universitas Darul Ulum, Jombang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan variabel kematangan emosi, dukungan sosial teman sebaya dengan perilaku prososial siswa baik secara simultan atau parsial. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang duduk dibangku sekolah menengah pertama (SMP) dari mulai kelas VII sampai IX di jawa timur. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan antara kematangan emosi, dukungan sosial teman sebaya dan perilaku prososial pada siswa SMP, sehingga kedua variabel tersebut dapat mempengaruhi perilaku prososial. Ada hubungan yang positif antara kematangan emosi dengan perilaku prososial dan ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya kepada perilaku prososial.

Kata Kunci: Perilaku Prososial, Kematangan Emosi, Dukungan Sosial Teman Sebaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ammar, A. M. (2014). Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bedagas Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Skripsi. UNY: tidak diterbitkan.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rahmawati. E. D, (2015). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Konsep Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V Sd Negeri Se-Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015.Skripsi.UNY:tidak diterbitkan.

Fachrunisa, R. A. (2019). Pendidikan Berbasis Perilaku Prososial sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi Melalui Pengembangan Moral Siswa. 7–10.

Gusti, A. Y., & Margaretha P. M. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. Vol. 9 No. 3 Desember, hal. 56-78

Ida Ayu Gede, I. M. R. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Ida Ayu Gede Hutri Dhara Sasmita dan I Made Rustika. 2(2), 280–289.

Maryam, S., & Fatmawati, F. (2018). Kematangan Emosi Remaja Pelaku Bullying. 3(2), 69–74.

Muhid, A., Suhadiyanto, & Nurhidayat, Dona, U. U. (2015). Pengembangan Alat Ukur Psikologi. 1–10.

Niken Titi Pratitis. (2018). Validitas & reliabilitas. 1–37. Surabaya

Nisfiannoor, M., & Kartika, Y. (2004). Hubungan antara regulasi emosi dan penerimaan kelompok teman sebaya pada remaja. 2(2).

Patty, S. (2016). Fakultas Psikologi, Program Studi Magister Sains Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana. 15.

Paramitasari, R., & Alfian, I. N. (2012). Hubungan antara kematangan emosi dengan kecenderungan memaafkan pada remaja akhir. 1(02).

Pasaribu, S. (2016). Hubungan Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Interaksi Sosial Mahasiswa The Relationship Between Self Concept And Peers Social Support With University Student ’ s Social Interaction. 8(1), 64–78.

Selvy Vallentina. (2007). Perilaku Prososial Pada Remaja Ditinjau Dari Keharmonisan Keluarga Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya.

Siti Fathonatul Arifah. (2019). Perilaku prososial siswa sma atau sederajat yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. (December 2018).

Sugiyono. (2005). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Suhadianto. (2017). Uji Asumsi Klasik Regresi. 1, 2–7. Retrieved from https://bahasekonomi.blogspot.com/2017/05/uji-asumsi-klasik-regresi-contoh-kasus.html

Sulaiman, B. Z., Malang, U. N., Psikologi, F. P., & Psikologi, P. S. (2013). Hubungan persepsi kesesakan (crowding) dan kematangan emosi dengan disiplin berlalu lintas pada remaja akhir sman 1, sman 3, dan sman 4 kota malang. (April), 1–16.

Sumarna Surapranata. (2006). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umayah, A. N., Ariyanto, A., Yustisia, W., Psikologi, F., & Indonesia, U. (2017). Pengaruh Empati Emosional Terhadap Perilaku Prososial. 15(02), 72–83. https://doi.org/10.7454/jps.2017.7

Vallentina, S. (2007). Perilaku Prososial Remaja Ditinjau dari Keharmonisan Keluarga dan Dukungan SosialTeman Sebaya. Skripsi. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Vieweg, J. C. (2018). Prosocial Behaviors : Their Motivations and Impacts on Organizational Culture Prosocial Behaviors : Their Motivations and Impacts. 11(2).

Wahyuni, N. S. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Smk Negeri 3. 2(2).

Yulia, Zaenal, D. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kecemasan Menjelang Ujian Nasional (UN) Pada Siswa Kleas XII Reguler SMA Negeri 1 Surakarta. 1–17.

Published
2021-09-13
Section
Articles