KAJIAN NETNOGRAFI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK UNTUK KOMUNIKASI MENYUSUI

  • Wichitra Yasya Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Angka kematian ibu dan bayi merupakan salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat dan penentu keberhasilan pembangunan masyarakat. Meskipun ASI menjadi penting dalam pembangunan, tingkat pemberian ASI di Indonesia masih di bawah target global. Salah satu penyebab rendahnya tingkat pemberian ASI adalah tidak memadainya dukungan yang diberikan pada ibu untuk menyusui bayinya dengan ASI. Pada era teknologi komunikasi berjejaring seperti sekarang ini, dukungan sosial telah berkembang dengan munculnya dukungan sosial online yang dipertukarkan melalui teknologi seperti Internet dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi menyusui khususnya komunikasi dukungan menyusui dalam group Facebook terkait menyusui melalui pendekatan kualitatif menggunakan analisis netnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang muncul di group Facebook terkait menyusui lebih bersifat emosional. Dukungan emosional adalah dukungan yang paling banyak diberikan dalam group Facebook, sementara dukungan informasional menjadi tipe dukungan yang paling banyak diminta. Administrator group memegang peran signifikan dalam memoderasi pertukaran dukungan ini untuk memastikan kredibilitas informasi yang dibagikan antar anggota. Berdasarkan hasil temuan tersebut, diindikasikan bahwa media sosial dapat secara positif memfasilitasi dukungan sosial untuk ibu dalam menjalankan proses menyusuinya. Kata kunci: netnography, social media, development communication, breastfeeding

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Diperoleh dari 14

September 2015, dari https://www.apjii.or.id/content/read/39/27/PROFILPENGGUNA-INTERNET-INDONESIA-2014

boyd, danah m., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition,

History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication,

(1), 210–230.

Bridges, N. (2016). The faces of breastfeeding support: Experiences of mothers

seeking breastfeeding support online. Breastfeeding Review: Professional

Publication Of The Nursing Mothers’ Association Of Australia, 24(1), 11–

Cadwell, K., Turner-Maffei, C., & O’Connor, B. (2006). Maternal and infant

assessment for breastfeeding and human lactation: A guide for the

practitioner. Sudbury: Jones & Bartlett Learning.

Chou, S. W., Hunt, M. Y., Beckjord, B. E., Moser, P. R., & Hesse, W. B. (2009).

Social Media Use in the United States: Implications for Health

Communication. J Med Internet Res, 11(4), e48.

Cutrona, C. E., & Russell, D. W. (1990). Type of social support and specific 247

stress: Toward a theory of optimal matching. Di dalam B. R. Sarason, I. G.

Sarason, & G. R. Pierce (Ed.), Social support: An interactional view (hlm

–366). Oxford: John Wiley & Sons.

Cutrona, C. E., & Suhr, J. A. (1992). Controllability of stressful events and

satisfaction with spouse support behaviors. Communication Research, 19(2),

–174.

Deetjen, U., & Powell, J. A. (2016). Informational and emotional elements in

online support groups: A Bayesian approach to large-scale content analysis.

Journal of the American Medical Informatics Association, 23(3), 508–513.

https://doi.org/10.1093/jamia/ocv190

Doty, J. L., & Dworkin, J. (2014). Online Social Support for Parents: A Critical

Review. Marriage & Family Review, 50(2), 174–198.

Duggan, M., Lenhart, A., Lampe, C., & Ellison, N. B. (2015). Parents and social

media: mothers are especially likely to give and receive support on social

media. Pew Research Center.

Ellison, N. B., Steinfield, C., & Lampe, C. (2007). The benefits of facebook

‘friends:’ Social capital and college students’ use of online social network

sites. Journal of Computer-Mediated Communication, 12(4), 1143–1168.

https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00367.x

Gazali, E. (2014). Learning by clicking: An experiment with social media

democracy in Indonesia. International Communication Gazette, 76(4–5),

–439.

Jin, S. V., Phua, J., & Lee, K. M. (2015). Telling stories about breastfeeding

through Facebook: The impact of user-generated content (UGC) on probreastfeeding attitudes. Computers in Human Behavior, 46, 6–17.

Kementerian Kesehatan. (2015). Profil Kesehatan Indonesia 2014. Kementerian

Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 51). Jakarta.

Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social

media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social

media. Business Horizons, 54(3), 241–251.

Kozinets, R. V. (2015). Netnography: Redefined (2 ed.). London: Sage.

Laksono, A. D., & Wulandari, R. D. (2011). Analisis Potensi Penyebaran

Informasi Kesehatan Melalui Jejaring Sosial (Studi Kasus Pada ‘Forum

Jejaring Peduli AIDS’). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 14(4 Okt).

Lim, M. (2013). Many clicks but little sticks: Social media activism in Indonesia.

Journal of Contemporary Asia, 43(4), 636–657.

Mo, P. K. H., Malik, S. H., & Coulson, N. S. (2009). Gender differences in

computer-mediated communication: A systematic literature review of online

health-related support groups. Patient Education and Counseling, 75(1), 16–

Moorhead, S. A., Hazlett, D. E., Harrison, L., Carroll, J. K., Irwin, A., & Hoving,

C. (2013). A new dimension of health care: systematic review of the uses,

benefits, and limitations of social media for health communication. Journal

of medical Internet research, 15(4), 1–22.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nugroho, Y., & Syarief, S. S. (2012). Beyond click-activism? New media and

political processes in contemporary Indonesia. Berlin: Friedrich-Ebert

Stiftung.

Oh, H. J., Lauckner, C., Boehmer, J., Fewins-Bliss, R., & Li, K. (2013). 248

Facebooking for health: An examination into the solicitation and effects of

health-related social support on social networking sites. Computers in

Human Behavior, 29(5), 2072–2080.

https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.04.017

Sentra Laktasi Indonesia. (2016). Buku Panduan Peserta Pelatihan Konseling

Menyusui Modul 40 Jam WHO/UNICEF. Jakarta: Sentra Laktasi Indonesia.

Shirky, C. (2010). The Political Power of Social Media. Foreign Affairs, 9(1), 1–

Statista. (2016). Number of monthly active Facebook users worldwide as of 1st

quarter 2016 (in millions). Diperoleh dari 27 Juni 2016, dari

http://www.statista.com/statistics/264810/number-of-monthly-activefacebook-users-worldwide/

Supradono, B., & Hanum, A. N. (2011). Peran Sosial Media Untuk Manajemen

Hubungan dengan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce. Value Added|

Majalah Ekonomi dan Bisnis, 7(2).

Thackeray, R., Neiger, B. L., Hanson, C. L., & McKenzie, J. F. (2008). Enhancing

promotional strategies within social marketing programs: Use of Web 2.0

social media. Health Promotion Practice, 9(4), 338–343.

Thackeray, R., Neiger, B. L., & Keller, H. (2012). Integrating Social Media and

Social Marketing: A Four-Step Process. Health Promotion Practice, 13(2),

–168.

Uimonen, P. (2012). Social and Mobile Media in ICT4D. Di dalam R. S. Braskov

(Ed.), Social Media in Development Cooperation. Roskilde: Ørecomm -

Centre for Communication and Glocal Change.

Published
2021-04-09