Improvement Of Rating Of Stream Bud Chips Plant With Waste Liquid Of Cattle Farm

  • Yeni Ika Pratiwi Agrotecnology of Farming Faculty, Merdeka Surabaya University
  • Nurul Huda Agrotecnology of Farming Faculty, Merdeka Surabaya University
  • Bambang Gunawan Agrotecnology of Farming Faculty, Merdeka Surabaya University

Abstract

Limbah ternak merupakan sisa buangan dari suatu kegiatan usaha peternakan sapi meliputi : limbah padat dan cair seperti feses, urine dan sisa pakan. Dengan menerapkan teknologi tepat guna dengan memanfaatkan limbah cair urine sapi menjadi material penyubur atau pupuk setelah melalui proses pengolahan atau fermentasi guna menjadi pupuk organic yang bermanfaat bagi tanaman.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian konsentrasi POC urine sapi terhadap laju perkecambahan stek bud chips tanaman tebu. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Surabaya Jl. Ketintang Madya VII/2 Surabaya, dengan ketinggihan tempat ± 5 meter diatas permukaan laut.  Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 1 faktor perlakuan yaitu Konsentrasi POC Urine sapi (P) dan parameter yang diamati meliputi kecepatan perkecambahan, jumlah daun, panjang tanaman, jumlah akar, panjang akar, berat basah per tanaman, dan berat kering per tanaman.

       Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Terdapat pengaruh signifikan dari konsentrasi POC urine sapi terhadap peningkatan perkecambahan stek bud chip tanaman tebu pada variabel yang diteliti, meliputi : panjang tunas, jumlah akar, berat basah per tanaman maupun berat kering per tanaman pada masa perkecambahan tanaman tebu. 

2.   Nilai tertinggi dicapai oleh perlakuan P7 yaitu konsentrasi sebesar 70 ml POC urine sapi per liter air pada semua parameter pengamatan;  namun secara statistik nilai terbaik dicapai oleh perlakuan P2 (20 ml POC urine sapi per liter air) karena berbeda tidak nyata dengan perlakuan P7 pada semua variabel yang diteliti, seperti kecepatan perkecambahan, panjang tunas, jumlah daun, panjang akar, jumlah akar, berat basah dan berat kering per tanaman karena dianggap lebih efektif dan efisien.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Supriana. 2012. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman. dalam http://agus supriana.blogspot.com/2012/04/zat-pengatur-tumbuh-tanaman.html

Ahmad, S. 2013. Melaju Bersama Varietas Menuju Swasembada Gula 2014. dalam http://pusatpenelitiangula.blogspot.com/2013/02/melaju-bersama-varietas-menuju.html#more

Alfarisi, N. dan Manurung, T., 2015. Pengaruh pemberian pupuk urine sapi terhadap pertumbuhan dan produksi jagung manis dengan menggunakan EM-4. Biologi Unimed. Jurnal Bio Sains Vol.1 No.3 Desember 2015.

Anonymous, 2014. Kandungan Kimiawi Urine Sapi Untuk Pertanian dalam http://www.organikilo.co/2014/12/kandungan-kimiawi-urine-sapi-untuk. html

Anonymous, 2010. Pengembangan Perkebunan Gula Dalam Menuju Swasembada Gula. dalam : http://www.datacon.co.id/Agri-2010 Gula.html).

……………, 2008. Konsep Budidaya Tanaman Tebu.dalam http://cerianet-agricultur. blogspot.com/2008/12/konsep-budidaya-tebu.html

Hadisuwito, Sukamto. 2012. Membuat Pupuk Organik Cair. Jakarta : Agro Media Pustaka.

Harjadi, S. 1991. Pengantar Agronomi. PT Gramedia Jakarta. 195 pp.

Oginawati, K., Khoerunisa, R., Nur Hijrah, S. 2013. Penanganan Limbah Padat dan Limbah Cair Usaha Peternakan. Institut Teknologi Bandung.

Soelistijono, 2011. Budidaya Tanaman Tebu. dalam http://bumipertiwiextrem. blogspot.com /2011/03/budidaya-tanaman-tebu.html

Sarjadi, 1977. Teknik Tanaman Tebu. Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta. 38 hal.

Simanungkalit, RDM., Didi Ardi Suriadikarta, Rasti Saraswati,Diah Setyorini, dan Wiwik Hartatik, 2006. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati (Organic Fertilizer and Biofertilizer). Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Subiyono, 2005. Landasan Teknis Budidaya Tebu di Lahan Tegalan. Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur .

Subroto dan Awang Yusrani. 2005. Kesuburan dan Pemanfaatan Tanah. IB

Bayumedia. Malang. 100 hal.

Yitnosumarto. S. 1991. Percobaan : Perancangan, Analisis dan lnterprestasinya. Dep. P dan K Program MIPA Universitas Brawijaya. Malang.

Section
Articles