PELINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI DAGANG ANTARA PEMILIK USAHA DAN KARYAWAN UMKM BRONSU/BRONSUGAR

  • Absonia Mebi Yunika Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Transaksi dagang melalui sistem elektronik di Indonesia terus berkembang. Sebagai transaksiyang memiliki karakteristik khusus yang melibatkan para pihak lintas yuridiksi tanpa harusbertemu fisik, sangat diperlukan pelindungan hukum bagi konsumen. Melalui metodepenelitian yuridis normatif, tulisan ini mengkaji pelindungan konsumen dalam transaksidagang melalui sistem elektronik dan penyelesaian sengketanya. Hasil penelitian menunjukanpelindungan terhadap konsumen pada transaksi dagang melalui sistem elektronik belumdapat dilakukan secara optimal karena pengaturannya masih tersebar dalam beberapaUndang-Undang (UU) yang memerlukan peraturan pelaksanaan. Di samping itu UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen belum mampu menjangkau pelindungankonsumen dalam transaksi dagang secara elektronik secara keseluruhan, khususnya dalamhal para pihak memiliki perbedaan yurisdiksi. Sedangkan dalam hal sengketa konsumen,para pihak dapat menempuh jalur pengadilan maupun di luar pengadilan sesuai kesepakatanpara pihak, namun alternatif penyelesaian sengketa secara online dapat dilaksanakan secarapenuh. Penelitian ini menyarankan kepada pemerintah untuk segera membentuk PeraturanPemerintah tentang transaksi dagang melalui sistem elektronik dan mengatur mengenaipenyelesaian sengketa secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Absonia Mebi Yunika Putri, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Hukum

Published
2022-02-08
Section
Articles