ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI KRISIS PT RAJAWALI NUSANTARA INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN

  • Rizkia Putri Maulida Universitas Muhammadiyah jakarta

Abstract

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang Agro Industri yang memiliki 11 anak perusahaan satu diantaranya sedang mengalami krisis, krisis yang terjadi akibat adanya Sengketa Lahan Petani Tebu yang disebabkan oleh faktor oknum yang tidak bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian krisis pada kasus Sengketa Lahan Petani Tebu dengan menganalisis Manajemen komunikasi krisis meliputi, faktor penyebab terjadinya krisis, bagaimana upaya penanggulangan krisis, penyelesaian krisis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Public Relations issue & Crisis Management dari Kriyantono (2015) dalam bukunya meliputi Pra krisis, Krisis, Pasca krisis, Sumber dan jenis krisis, Strategi Komunikasi Krisis: Begin it at once  penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan melalui zoom meeting dengan satu key informan yaitu executive vice president dan satu informan merupakan Staff Corporate Communications kemuadian menggunakan dua  triangulasi sumber, informan tersebut merupakan orang yang terkait dengan permasalahan kasus tersebut dan juga informan lainnya.

Setelah penelitian ini dilaksanakan ada beberapa hasil penelitian menunjukan Manajemen komunikasi krisis tersebut dibagi menjadi 3 tahap yaitu Pra krisis, Krisis, Pasca krisis, Sumber dan jenis krisis. Pada tahapan persiapan atau Pra krisis dilakukannya analisis seputar issue yang berkembang dan untuk memitigasi krisisnya dilakukan mapping pra krisis korporasi hingga mapping Manajemen risiko, salah satu upaya pencegahan dengan dibuatnya program kemitraa, dan termasuk dilakukannya pelatihan krisis komunikasi pada korporasi, selanjutnya tahapan Krisis menerapkan crisis communications kepada RNI pusat, Pemerintah daerah, dan menjalankan media relations. Kemudian pada tahapan Pasca krisis berfokus pada pemulihan citra yang dilakukan dengan menggunakan strategi communications yang melibatkan dengan publikasi positif terkait dengan corporate actions dan CSR korporasi.

 

Kata kunci : Manajemen komunikasi krisis, Public Relations

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-22
Section
Articles