Keterkaitan Regulasi Emosi Dengan Self Efficacy: Kunci Keberhasilan Pendaki Gunung Pemula

  • Novella Rifkatyani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Regulasi Emosi, Self Efficacy, Pendaki Gunung Pemula

Abstract

Self efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan mengendalikan dan mengatur perilaku dirinya sendiri dalam menghadapi tantangan dan hambatan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi emosi dengan self efficacy pada pendaki gunung pemula di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah partisipan 106 pendaki gunung pemula di Jawa Timur. Teknik sampel yang digunakan adalah tekning purposive sampling dengan kriteria rentang usia antara 15 hingga 35 tahun dan memiliki pengalaman pendakian dalam dua tahun terakhir. Analisis data dilakukan adalah teknik non parametrik menggunakan Spearman Brown. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Regulasi Emosi dengan Self Efficacy yang dimiliki oleh pendaki gunung pemula di Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hafizah, N., Psikologi, P. S., Psikologi, F., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2022). Hubungan regulasi emosi dengan self efficacy pada guru tk di kecamatan syiah kuala.
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7740
Matsumoto, D., Takeuchi, S., Andayani, S., Kouznetsova, N., dan Krupp, D. (1998). The Contribution of Individualism vs. Collectivism to Crossnational Differences in Display Rules. Asian Journal OfSocial Psychology.
Monica, A. T. (2015). Regulasi Emosi pada Wanita Pengidap Katsaridaphobia. In Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/2050
Prasongko, E. T. (2019). Gunung Berapi di Indonesia (Herni Rahayu (ed.)). Alprin. https://books.google.co.id/books?id=XuDYDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Sastha, H. B. (2007). Mountain Climbing for Everybody. Hikmah. https://books.google.co.id/books?id=6uA6WaTPnBAC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). Generalized Self-Efficacy scale (J. Weinman, S. Wright, & M. Johnston (ed.)). In Measures in health psychology: A user’s portfolio. Causal and control beliefs.
Soerjo, T. R. (2023). Jumlah Pendakian Tahun 2023. https://tahurarsoerjo.dishut.jatimprov.go.id/sipenerang/
Sukarmin, Y. (1995). Persiapan Fisik Bagi Pendaki Gunung: Sebuah Alternatif Pencegahan Kecelakaan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 91–102.
Thompson, R. A. (1994). Emotion Regulation: A Theme in Search of Definition. Monographs of the Society for Research in Child Development.
TNGR. (2023). Rinjani Nasional Park. Diakses pada https://www.rinjaninationalpark.id/grafik
Published
2024-04-22
Section
Articles