Prokrastinasi akademik pada mahasiswa pekerja: Bagaimana peran stres kerja?

  • Dessy Fitry Natallya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sahat Saragih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yanto Prasetyo
Keywords: Academic Procrastination, Student Workers, Work Stress

Abstract

Students who are experiencing work stress will be more likely to do academic procrastination which can affect academic performance. This study aims to examine the relationship between job stress and academic procrastination in working students. This study used a correlational quantitative method. The population used was working students from three selected faculties at Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Participants in this study amounted to 167 working students obtained by random sampling technique. The data collection technique used measuring instruments in the form of an academic procrastination scale (TPS) and a work stress scale (NJSS), which were measured using a 5 Likert scale. The data analysis technique used in this study is Pearson Correlation Product Moment. Based on the results of data analysis, the resulting correlation coefficient shows a highly significant positive correlation between job stress and academic procrastination. The results of the data analysis show that the work stress variable provides an effective contribution or impact of 18.4% on the academic procrastination variable in student workers at the University of August 17, 1945 Surabaya.

Mahasiswa yang sedang mengalami stres kerja akan lebih memungkinkan untuk melakukan prokrastinasi akademik yang dapat mempengaruhi kinerja akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara stres kerja dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa pekerja dari tiga fakultas terpilih di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 167 mahasiswa pekerja yang diperoleh dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan alat ukur berupa skala prokrastinasi akademik (TPS) dan skala stres kerja (NJSS), yang coba diukur menggunakan 5 skala likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah Pearson Correlation Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi yang dihasilkan menunjukkan adanya korelasi positif yang sangat signifikan antara stres kerja dan prokrastinasi akademik. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa variabel stres kerja memberikan sumbangan efektif atau dampak sebesar 18,4% terhadap variabel prokrastinasi akademik pada mahasiswa pekerja di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Y. ., Tewal, B. ., & Taroreh, R. N. (2019). Pengaruh stres kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Pt. Fif Group Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2303–1174.
Asih, G. Y., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2018). Stress kerja. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (cetakan 1, Vol. 6, Issue August). Semarang: University Press.
Chofianida, L. (2019). Hubungan antara persepsi terhadap tuntutan peran sebagai pendidik dengan stres kerja guru bimbingan X Semarang. (Skripsi Sarjana, Universitas Semarang, Semarang). Universitas Semarang, Semarang (Vol. 2, Issue 1).
Khumaerah, B., Matulessy, A., & Suhadianto. (2022). Prokrastinasi akademik mahasiswa di masa pandemi Covid-19: Bagaimana peran efikasi diri ?. Sukma : Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 1–11.
Marafaniza, E. (2023). Pengaruh stres kerja terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta) (Vol. 87, Issue 1,2).
Rahmanillah, N. R., & Qomariyah, N. (2019). Self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa bekerja. Jurnal Psikologi, 11(2), 117–125. http://dx.doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2256
Raimon, Devara Angki Diantha. (2020). Hubungan regulasi diri dan prokrastinasi tugas akhir pada mahasiswa. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadyah Malang).
Rakhim, Akhman Fani, Matulessy, A., & Rini, Rr. Amanda Pasca. (2021). Stres kerja pada anggota kepolisian di jawa timur: Bagaimana peranan makna kerja?. Sukma : Jurnal Penelitian Psikologi, 2(01), 52–60.
Ridho, M., & Susanti, F. (2019). Pengaruh stres kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan Bank Mandiri Syariah cabang Padang. INA-Rvix Papers, 10.
Sari, L. M., Pratitis, N. T., & Haryanti, A. (2022). Internal locus of control dan kemampuan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa skripsi. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v1i2.21-30
Shukla, A., & Srivastava, R. (2016). Development of short questionnaire to measure an extended set of role expectation conflict, coworker support and work-life balance: The new job stress scale. Cogent Business and Management, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.1080/23311975.2015.1134034
Suhadianto, & Ananta, A. (2022). Bagaimana prokrastinasi akademik mahasiswa indonesia pada masa pandemi covid-19?: Pengujian deskriptif dan komparatif. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 71–81.
Suhadianto, & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 193.
Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51(2), 473–480. https://doi.org/10.1177/0013164491512022
Vitalonary, H. (2022). Hubungan burnout akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa kuliah online. (Skripsi Sarjana, Univeritas Islam Sultan Agung Semarang).
Published
2024-04-22
Section
Articles