Academic Burnout Pada Mahasiswa Pekerja: Peranan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial

  • Mella Aprilia Andini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Academic burnout, dukungan sosial, efikasi diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial dengan kecenderungan academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir yang bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantittaif dengan pendekatan penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah 270 mahasiswa akhir yang kuliah sambil bekerja. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa ada hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial  terhadap academic burnout. Jadi secara simultan efikasi diri dan dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap academic burnout. Secara parsial menunjukkan ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan academic burnout. Artinya semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah kecenderungan mengalami academic burnout. Begitupun sebaliknya jika efikasi diri rendah maka semakin tinggi kecenderungan mengalami academic burnout. Secara parsial menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial dengan academic burnout. Artinya tinggi redahnya dukungan sosial tidak mempengaruhi academic burnout.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self-efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81-102.
Fadillah, A. R. (2016). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Rantau Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim, 53–58.
Liu, Y., & Cao, Z. (2022). The impact of social support and stress on academic burnout among medical students in online learning: The mediating role of resilience. Frontiers in public health, 10, 938132.
Maharani, D. M. (2019). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, 1–114. http://lib.unnes.ac.id/32751/
Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout. Annual review of psychology, 52(1), 397-422.
Mubdiyah, R. A., Rahmawati, N. A. D., & ... (2023). Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Kerja Yang Mengalami Burnout. Parade Riset …, 1(1), 197–208. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/PRI/article/download/2290/1326
Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-Efficacy dan Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93
Psikologi, J., & Pendidikan, F. I. (2020). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi Lailatul Muflihah Siti Ina Savira.
Rad, M., Shomoossi, N., Rakhshani, M. H., & Sabzevari, M. T. (2017). Psychological Capital and Academic Burnout in Students of Clinical Majors in Iran. Acta Facultatis Medicae Naissensis, 34(4), 311–319. https://doi.org/10.1515/afmnai-2017-0035
Ramadhan, M. R., & Rinaldi. (2022). Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan burnout akademik pada siswa Madrasah Aliyah Islamic Boarding School Ar-risalah. Jurnal Riset Psikologi, 5(3), 87–98.
Rumapea, L. R. R., & Rahayu, M. N. M. (2022). Hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta, 8(1), 27–36.
Srivaniwati, Y. (2022). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Kejenuhan Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar yang Sedang Melaksanakan Kuliah Online.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Suha, Y., Nauli, F. A., & Karim, D. (2022). Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(3), 282. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i03.p07
Zhang, Y., Gan, Y., & Cham, H. (2007). Perfectionism, academic burnout and engagement among Chinese college students: A structural equation modeling analysis. Personality and Individual Differences, 43(6), 1529–1540. https://doi.org/10.1016/j.paid.2007.04.010
Published
2024-04-22
Section
Articles