Kontrol Diri, Efikasi Diri, dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa

  • Fadillah Lintang Ramadhanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Andik Matulessy
  • Suhadianto Suhadianto
Keywords: Efikasi Diri, Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa serta tingkat kontrol diri dan efikasi diri menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yang lazim digunakan dalam penelitian kuantitatif. Menggunakan metode quota sampling dan mengambil sampel representatif sebanyak 263 mahasiswa tingkat sarjana Universitas 17 Agustus 1945 di Surabaya. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa hubungan antara kontrol diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik secara simultan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Hasil uji parsial menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik. Hasil uji parsial menujukkan tidak ada hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik, artinya hipotesis pada penelitian ini ditolak. Disarankan untuk mahasiswa memperbaiki kontrol diri yang dimiliki dan meningkatkan efikasi diri yang dimiliki untuk mencapai target yang ingin dicapai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Z. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Skripsi : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 3, 1–9.
Aznar-Díaz, I., Hinojo-Lucena, F. J., Cáceres-Reche, M. P., & Romero-Rodríguez, J. M. (2020). Pedagogical Approaches in the Knowledge Society: The Flipped Classroom Method for the Development of Creativity and Dialogical Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3), 4–14.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy, The Excercise of Control. W. H. Freeman and Company.
Borba, Michele. Ed.D. (2008). Membangun kecerdasan moral (tujuh kebijakan utama agar anak bermoral tinggi). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Chisan, Fazaiz Khoirotun & Jannah Miftakhul. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Penelitian Psikologi. 8(5).
Dewi, N. L. O. W., Yanti, N. P. E. D., & Sawitri, N. K. A. (n.d.). Efikasi Diri Berhubungan Dengan Tingkat Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Retrieved January 30, 2024, from https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/download/96518/48951
Ferrari, J.R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research and treatment. New York: Plenum Press.
Hen, M., & Goroshit, M. (2020). The effects of decisional and academic procrastination on students’ feelings toward academic procrastination. Current Psychology, 39(2), 556–563.
Herawati, M., & Suyahya, I. (2019, December). Pengaruh efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik peserta didik SMK Islam Ruhama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2, p. 26).
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Gramedia.
Husna, N. (2023). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Psikososial Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(2), 146–152. http://jpion.org/index.php/jpi/article/download/120/92
Ismunandar, T. R. (2016). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Inti Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Janssen, J. (2015). Academic Procrastination: Prevalence Among High School and Undergraduate Student and Relationship to Academic Achievement. Georgia State University Scholar Works Georgia State University.
Juniensia, W. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Semester Akhir [Undergraduate, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya]. http://repository.untag-sby.ac.id/95/
Klingsieck, K. B. (2013). Procrastination in Different Life Domains: Is Procrastination Domain Specific? Current Psychology, 32(2), 175–185.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Patrzek, J., Sattler, S., van Veen, F., Grunschel, C., & Fries, S. (2015). Investigating the effect of academic procrastination on the frequency and variety of academic misconduct: a panel study. Studies in Higher Education, 40(6), 1014–1029.
Pertiwi, S., & Darminto, E. (2022). Hubungan antara prokrastinasi akademik dengan efikasi diri dan kontrol diri peserta didik SMA di Kabupaten Tulungagung. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.26539/teraputik.621185
Przepiórka, A., Błachnio, A., & Siu, N. Y. F. (2019). The relationships between self-efficacy, self-control, chronotype, procrastination and sleep problems in young adults. Chronobiology international, 36(8), 1025-1035.
Purnomo, N., Suroso, S., & Arifiana, I. Y. (2021). Prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring: Bagaimana peranan efikasi diri?. SUKMA: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1-11.
Rusmaini, R., Gunartin, G., Surasni, S., & Lubis, M. (2021). Mengatasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 30-39.
Samfriati, S., Lilis, N., & Mercy, N. G. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Ners Tingkat II Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun 2019. Elisabeth Health Jurnal, 4(2), 89-101.
Santrock, J.W. (2011). Life Span Development edisi ke dua belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106672
Tianingrum, N. A. (2018). Stigma Terhadap HIV Dan AIDS: Bagaimana Guru Dan Teman Sebaya Berpengaruh. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 5(1), Article 1.https://doi.org/10.29406/jkmk.v5i1.894
Tuckman, B. W. (2002). Academic Procrastinators: Their Rationalizations and Web-Course Performance.
Unger, A., Bi, C., Xiao, Y. Y., & Ybarra, O. (2016). The revising of the Tangney Self‐control Scale for Chinese students. PsyCh journal, 5(2), 101-116.
Xu, Z. (2016). Just Do It! Reducing Academic Procrastination of Secondary Students. Intervention in School and Clinic.
Yulianda, M., & Syofyan, R. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Teman Sebaya Terhadap Prokrastinasi Akademik Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4767
Published
2024-04-22
Section
Articles