Prokrastinasi akademik mahasiswa: Bagaimana peranan regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial?

  • Elvira Nur Aisha Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Andik Matulessy Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Suhadianto Suhadianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: prokrastinasi akademik, regulasi diri dalam belajar, dukungan sosial

Abstract

Abstract

The aim of this research is to comprehend the correlation between self-regulation in the learning process and social support in relation to the academic procrastination tendencies among students. This study employs a quantitative approach with a correlational design. The research sample includes all active students at Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, and the sampling method utilized is quota sampling. The research instruments consist of three psychological scales, namely the Tuckman Procrastination Scale (TPS), the self-regulation in learning scale, and The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). The results of the multiple regression analysis reveal a significant correlation between self-regulation in learning and social support with the level of academic procrastination among students. Partial test results between self-regulation in learning and academic procrastination indicate a significant negative relationship. Similarly, partial test results between social support and academic procrastination also show a significant negative relationship. In other words, higher levels of self-regulation in learning and social support are associated with lower levels of academic procrastination.

Keywords: academic procrastination; self regulation in learning; social support

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami korelasi antara regulasi diri dalam proses belajar dan dukungan sosial terhadap kecenderungan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa aktif di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode quota sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tiga skala psikologi, yaitu Tuckman Procrastination Scale (TPS), skala regulasi diri dalam belajar, dan The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial dengan tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Hasil uji parsial antara regulasi diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan; hasil uji parsial antara dukungan sosial dan prokrastinasi akademik juga menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan dengan kata lain, semakin tinggi regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik.

Kata kunci: dukungan sosial; prokrastinasi akademik; regulasi diri dalam belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, K., & Hadiwinarto, H. (2020). Hubungan antara dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas x ips di sma negeri 2 mukomuko. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1-9.
Andarini, S. R., & Fatma, A. (2013). Hubungan antara distress dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Talenta Psikologi, II (2), 159-180.
Burka, J. B. & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you Do It, What To Do About It. New York: Perus Books
Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Peran Self-Efficacy dan Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA (Studi Pada Siswa SMA X Tangerang). Versi Cetak), 1(2), 159–169.
Ferrari, J. R., & Díaz-Morales, J. F. (2007). Perceptions of self-concept and self-presentation by procrastinators: Further evidence. The Spanish journal of psychology, 10(1), 91-96.
Klingsieck, K. B. (2013). Procrastination in different life-domains: Is procrastination domain specific?. Current Psychology, 32, 175-185.
Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. JURNAL DIVERSITA, 4(2), 90. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1884
Limone, P., Sinatra, M., Ceglie, F., & Monacis, L. (2020). Examining procrastination among university students through the lens of the self-regulated learning model. Behavioral Sciences, 10(12), 184. https://doi.org/10.3390/bs10120184
Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada lansia di panti wredha budhi dharma yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).
Maslihah, S. (n.d.). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat.
Mulyana, E., & Bashori, K. (n.d.). Peran Motivasi Belajar, Self-Efficacy, dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Self-Regulated Learning pada Siswa Mujidin. 4(1).
Nabila, R. (2023). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Prokrastinasi Akademik: Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.169
Purnomo, N., Suroso, S., & Arifiana, I. Y. (2021). Prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring: Bagaimana peranan efikasi diri?. SUKMA: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1-11.
Puspita, R. D. (2021). Regulasi diri belajar dan mindfulness: Dapatkah menjadi prediktor prokrastinasi akademik mahasiswa?. INNER: Journal of Psychological Research, 1(1), 14-24.
Santrock,W. J. (2007). Life span development: Perkembangan masa hidup (jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Santoso, V. S. (2009). Prokrastinasi pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi ditinjau dari kepribadian tipe A dan tipe B (Doctoral dissertation, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata).
Steel, P. (2007). The Nature of Procrastination : A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. 133(1), 65-94. DOI: 10.1037/0033-2909.133.1.65.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroso, S., Pratitis, N. T., Cahyanti, R. O., & Sa’idah, F. L. S. I. (2021). Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi. Keluwih: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.3953
Suhadianto. (2019). Academic procrastination in accredited "a" university students: Identification of causes, impacts and strategies for addressing. Makalah 3rd MIPC & 7th ARUPS Congress, 2 – 4 August 2019, USM Penang, Malaysia. Proses terbit.
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204-223.
Trifiriani, M., & Agung, I. M. (n.d.). Academic Hardiness dan Prokrastinasi pada Mahasiswa..... Muharrama Trifiriani Academic Hardiness dan Prokrastinasi pada Mahasiswa.
Tuckman, B. W. (1990). Measuring Procrastination Attitudinally and Behaviorally.
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of personality assessment, 52(1), 30-41.
Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of educational psychology, 81(3), 329.
Zimmerman, B. J., & Kitsantas, A. (2002). Acquiring writing revision and self-regulatory skill through observation and emulation. Journal of educational psychology, 94(4), 660.
Published
2024-04-22
Section
Articles