Kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir ditinjau dari self efficacy

  • Nur Aulia Rochmah Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Self Efficacy, Kesiapan Kerja, Mahasiswa Akhir

Abstract

Abstract

The first step to entering the world of work requires students to be able to develop their abilities as a provision to be ready to compete in getting the desired job according to their respective fields of study. One of the factors that influence work readiness in individuals is self-efficacy which will direct students to recognize their own abilities so that they have the confidence to be able to get a job. The stronger the positive assessment zof final year students regarding their abilities, the greater the chance of getting a job. This study aims to determine the relationship between self-efficacy and work readiness in final year students. This type of research uses a quantitative approach with correlational methods. Sampling using quota sampling technique. The subjects of this research were final year students from the University of 17 August 1945 Surabaya with the number determined using the Krejcie table so that 291 students were obtained. Data analysis used Spearman Rho, the results showed a relationship between self-efficacy and work readiness.

 

Abstrak

Langkah awal untuk memasuki dunia kerja menuntut mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki sebagai bekal kesiapan bersaing dalam memperoleh pekerjaan yang diinginkan sesuai bidang studi masing-masing. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja pada individu adalah efikasi diri yang akan mengarahkan mahasiswa mengenal kemampuan dirinya sehingga muncul keyakinan untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Semakin kuat penilaian positif mahasiswa tingkat akhir memandang kemampuan dirinya maka peluang untuk memperoleh pekerjaan akan semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficay dengan kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan jumlahnya yang ditetapkan menggunakan tabel Krejcie sehingga diperoleh 291 mahasiswa. Analisis data menggunakan Spearman Rho, yang hasilnya menunjukkan adanya hubungan antara self efficacy dengan kesiapan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, Yosiana Nur. (2015). Hubungan Antara Orienyasi Masa Depan Dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Di Universitas Mulawarman. E Jurnal Psikologi. Vol. 3, No. 1. Hal : 369-381
Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Edisi Revisi. Malang: UMM Press
Anoraga, P. (2009). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. (2021). Februari 2021: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 6,26 persen. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815/f ebruari-2021--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt-- sebesar-6-26-persen.html
Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Career self-efficacy dan kesiapan kerja pada mahasiswa semester akhir. Jurnal Psikologi Integratif, 5(2), 128-141.
Bandura. (1997). Self efficacy, the exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.
Baron, R. A, & Byrne, D. E. (2004). Social psychology (10th ed). USA : Pearson
Caballero, C. L., Walker, A., & FullerTyszkiewicz, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability. https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art 552
Cania, M. E. (2021). Hubungan antara self efficacy dengan kesiapan kerja pada siswa kelas xii di smk smti padang (Doctoral dissertation, Univesitas Putra Indonesia YPTK).
Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Peran Self-Efficacy Dan Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma (Studi Pada Siswa Sma X Tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 159-169.
Effendy, Z., & Bachtiar, M. (2008). Peningkatan Efikasi Diri Berwirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan Pada Remaja Akhir. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 13(26), 13-21.
Jackling, B & Natoli, R.(2015). Employability skills of international accounting graduates : internship providers perspectives. Education + Training, Vol.57 No. 7, pp 757-773.
Knight, P., & Yorke, M. (2004). Learning, curriculum and employability in higher education. London : Routledge Falmer
Latif, A., Yusuf, A. M., & Efendi, Z. M. (2017). Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesipan Kerja Mahasiswa. Konselor, 6(1), 29-38.
Makki, B. I., Javaid, M. U., & Javaid, M. U. (2017). Level of work readiness skills, career self-efficacy and career exploration of engineering students. NFC IEFR Journal of Engineering and Scientific Research, 4.
Mangenre, I. (2023). Indonesia Hadapi Kesiapan Kerja Rendah, Keterampilan Tidak Sesuai Kebutuhan Kerja, Skill Mismatch. Artikel online. https://jejakfakta.com/read/amp/3059/indonesia-hadapi-kesiapan-kerja-rendah-keterampilan-tidak-sesuai-kebutuhan-kerja-skill-mismatch. Diakses pada 19 Januari 2024.
Nasution, M. A. (2021). Hubungan antara self efficacy dengan kesiapan kerja pada siswa kelas xii sekolah menengah kejuruan kehutanan pekanbaru (Doctoral dissertation, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Pool, L.D., & Sewell, P. (2007). The key to employability: developing a practical model of graduate employability. Journal of Education and Training, 49, (4), 277 - 289.
Prasetyo, F. A., & Waluyo, L. E. (2010). Hubungan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada saat mencari pekerjaan. Journal: Universitas Gunadarma.
Prikshat, V., Nankervis, A., Priyono, S., Salleh, N.M., Connell, J. and Burgess, J. (2018), Graduate workreadiness challenges in the Asia-Pacific region and the role of HRM, Equality, Diversity and Inclusion: An International Journal, Vol.37No.2,pp.121-137.
Rahmanto, S. W., & Kuncoro, J. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kesiapan Kerja Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Ratuela, Y. R., Nelwan, O. S., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh hard skill, soft skill dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa akhir jurusan manajemen feb unsrat manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 172-183.
Robbins, P. S., & Judge, A. T. (2007). Perilaku organisasi (Ed. 12). Jakarta: Salemba Empat
Sariroh, M. K., & Yulianto, J. E. (2018). Hubungan efikasi diri akademik dengan kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir pada Universitas X Surabaya. Psychopreneur Journal, 2(1), 41-51.
Sharma, L. H., & Nasa, G (2014). Academic self efficcacy : A reliable psychopreneur Journal, 2018,2(1) : 41-51 ISSN 2598-649X cetak / ISSN 2598-6503 online predictor of educational performances. British Journal of Education, 2(3), 57-64.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suhadianto. (2020). Uji Asumsi Klasik. Materi Webminar.
Suhartono, E., & Machmuddah, Z. (2020). Kontribusi Intrapersonal Skills dan Interpersonal Skills Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi “X”. Jurnal Sains Manajemen Volume, 6(1).
Published
2024-04-22
Section
Articles