Ketidakjujuran akademik siswa sekolah menengah atas sebagai dampak dari fear of failure?

  • Dewi Susanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Niken Titi Pratitis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rahma Kusumandari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Fear of Failure, Ketidakjujuran Akademik, Siswa SMA

Abstract

Abstract

Education is a planned effort to develop a person's potential so that they can gain religious strength, self-control, personality, intelligence, noble morals and skills that are beneficial to society and themselves. The aim of this research is to determine the relationship between fear of failure and academic dishonesty. The population in this study were students in grades 11 and 12 of SMA Dharma Wanita Surabaya. The sampling technique used in this research is the quota sampling technique. This research uses quantitative research. The type of research used is correlational research. The method used is a Likert scale. The results of data analysis using Spearman Brown show that there is a very significant relationship between the variables fear of failure and academic dishonesty. The results of this research show that there is a positive relationship between fear of failure and academic dishonesty. The higher the fear of failure, the higher the academic dishonesty. Based on research that has been carried out, students are advised not to set targets too often to achieve good grades, this is so that students do not do things that violate the regulations, such as cheating and so on. Further research is expected to be able to develop variables based on research as well as the risk of failure.

Abstrak

Pendidikan adalah upaya yang sudah direncanakan untuk mengembangkan potensi diri seseorang sehingga mereka dapat memperoleh kekuatan keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang bermanfaat bagi masyarakat dan diri mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara fear of failure dengan ketidakjujuran akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas dan 11 dan 12 SMA Dharma Wanita Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik quota sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Metode yang digunakan berupa skala likert. Hasil analisis data menggunakan Spearman Brown menunjukkan terdapat hubungan yang sangat signifikan anatar variabel fear of failure dan ketidakjujuran akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara fear of failure dengan ketidakjujuran akademik semakin tinggi fear of failure yang terjadi maka ketidakjujuran akademik juga meningkat. Berrdasarkan pernerlitian yang terlah dilakurkan, para siswa disarankan urnturk tidak terrlalur serring mermasang targert urnturk mermperrolerh nilai bagurs, hal ini dikarernakan agar para siswa tidak merlakurkan hal-hal yang merlanggar perraturran serperrti merlakurkan kercurrangan dan lain-lain. Pernerliti serlanjurtnya diharapkan dapat mermperrluras variaberl berbas pernerlitian serlain ferar of failurrer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-20
Section
Articles