PENGARUH ETIKA BISNIS, ETOS KERJA, REMUNERASI, DAN PELIBATAN KARYAWAN TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN TERBUKA DIMEDIASI KEPUASAN KERJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara etika bisnis, etos kerja, remunerasi, dan reputasi perusahaan pada perusahaan perkebunan terbuka. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling), yang menghasilkan sampel sebanyak 100 karyawan dari perusahaan perkebunan terbuka. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara etika bisnis, etos kerja, dan remunerasi dengan reputasi perusahaan. Ditemukan bahwa praktik etika bisnis yang kuat, etos kerja yang positif, dan remunerasi yang adil dapat berkontribusi secara positif terhadap reputasi perusahaan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya penerapan praktik-praktik ini dalam meningkatkan citra perusahaan dalam mata publik. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi manajemen perusahaan perkebunan terbuka dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi reputasi perusahaan mereka. Implikasi praktis dari temuan ini termasuk penekanan pada peningkatan budaya etika bisnis, penguatan etos kerja, dan kebijakan remunerasi yang adil dan kompetitif. Hal ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memperkuat posisi mereka di pasar dan memperoleh dukungan yang lebih besar dari berbagai pemangku kepentingan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Etika Bisnis tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Etos Kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Remunerasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Pelibatan Karyawan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Kepuasan Kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Reputasi Perusahaan. hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Kepuasan Kerja tidak dapat memediasi hubungan anatara Etika Bisnis terhadap Reputasi Perusahaan, Kepuasan Kerja dapat memediasi hubungan anatara Etos Kerja terhadap Reputasi Perusahaan, Kepuasan Kerja tidak dapat memediasi hubungan anatara Remunerasi terhadap Reputasi Perusahaan, dan Kepuasan Kerja tidak dapat memediasi hubungan anatara Pelibatan Karyawan terhadap Reputasi Perusahaan. sehingga dapat di simpulkan bahwa Etos Kerja dan Pelibatan Karyawan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja. Etika Bisnis dan Remunerasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. kepuasan Kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Reputasi Perusahaan. Kepuasan Kerja tidak dapat memediasi hubungan anatara Etika Bisnis dan Remunerasi terhadap Reputasi Perusahaan. Kepuasan Kerja dapat memediasi hubungan anatara Etos Kerja dan Pelibatan Karyawan terhadap Reputasi Perusahaan.
Downloads
Authors who publish to JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)