Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implant Orthoepedi (ZIMMER) Pada PT.Gana Semesta Mandiri
Abstract
Stryker, diantara Zimmer dan Smith & Nephew, adalah salah satu perusahaan manufaktur implant ortopedi terkemuka di dunia. Sejarah perusahaan dimulai tahun 1941 ketika Dr Homer Stryker membentuk perusahaan ortopedi dan menjadi satu-satunya pemegang saham sebanyak 5.000 saham, senilai $ 20.000.Stryker beroperasi di 89 negara di seluruh dunia. Amerika adalah pasar utama perusahaan, sedangkan sisanya dari dunia mewakili 35% dari pangsa penjualan. Stryker berkantor pusat di Michigan dan sebagian besar fasilitas manufaktur berlokasi di Amerika Serikat. Namun, Stryker mengoperasikan pabrik di Jerman, Swiss, Prancis, Irlandia, Cina, Georgia, dan Puerto Rico. Dua area bisnis utama adalah implan ortopedi (59%) termasuk implan pinggul, implant lutut, sistem implan craniomaxillofacial, implan tulang belakang, implan trauma, semen tulang dan, peralatanMedSurg (41%) termasuk peralatan bedah dan sistem navigasi, endoscopic dan sistem komunikasi, produk perangkat medis dan peralatan gawat darurat.Stryker berada di peringkat ke 323 perusahaan terbesar di Amerika Serikat pada tahun 2011 (Fortune 500, 2011), perusahaan yang paling inovatif ke-95 dunia (Forbes "perusahaan paling inovatif di dunia", 2011), peringkat ketiga di dunia yang paling dikagumi Perusahaan di Kedokteran & Lainnya Precision Equipment (Fortune "perusahaan dunia Paling dikagumi", 2011), dan menduduki peringkat ke-68 perusahaan terbaik untuk bekerja (Fortune"100 perusahaan terbaik untuk bekerja", 2011). Penjualan Stryker telah terus meningkat selama 31 tahun dan mencapai 7,3 miliar dolar pada tahun 2010. Tingkat pertumbuhan tahunan gabungan dalam penjualan adalah sebesar 20% untuk periode 31 tahun. Dari hasil pengujian terhadap model pada penelitian ini, dengan menggunakan random sampling, analisis structural equation model (SEM), dan bantuan software Amos 20, pada 100 responden, mampu menjelaskan hubungan faktor promosi, harga, dan produk terhadap keputusan pembelian di PT. Gana Semesta Mandiri. Pada penelitian ini, didapat 1). Produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 2). Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 3). promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. pada PT. Gana Semesta Mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa produk, harga dan promosi yang baik yang terdapat di PT. Gana Semesta Mandiri Surabaya secara bersama bila dikelola dengan baik, akan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kata kunci: PT. Gana Semesta Mandiri, produk, harga, promosi, keputusan pembelianDownloads
References
Andreassen, Wallin and Lindestad. 1997. The Impact of Corporate Image on Quality, Customer Satisfaction and Loyalty for Customers with Varying Degrees of Servi-ce Expertise. “The Internasional Journal of Service Industry Managementâ€, 8 (4), : 14-15.
Athanassopoulos, Antreas., Spiros Gounaris & Vlassis Stathakopoulos, 2001, “Behavioural Responses to Customer Satisfaction: An empirical Studyâ€, European Journal of Marketing, Vol. 35. N0. 5, pp. 687-707.
Caruana, Robert, Arthur H. Money dan Pierre R. Berthon, 2000. “Service quality and satisfaction – the moderating role of value,†European Journal of marketing, Vol. 34, No. 11/12, p. 1338 – 1352.
Engel, James, Roger D Blackwell & Paul W. Miniard, 2003, Consumer Behaviour, 12th Edition, The Dryden Press, Forth Worth.
Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.L., and Black, W.C., 2005. Multivariate Data Ana-lysis , 8th Edition, Prentice-Hall, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.
Kertajaya, Hermawan, 2002, Prinsip Kepu-asan Pelanggan, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2 Edisi 12. Jakarta : Indeks
Kotler, Philip & Kevin Keller. 2009. Mana-jemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas Jilid 1. Indonesia: PT. Indeks.
Loudon, David I. & Albert J. Della Bitta, 1998, Consumer Behaviour : Concept and Application, Third Edition, Mc Graw Hill Book Company, Japan.
Noel, Y., Siu, Cheung, Jef Tak-I Ing, 2001, A Measure of Retail Service Quality, Jurnal Marketing Inteligence & Planning, Febru-ari, pp, 88-96.
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pema-saran Jasa. Ed. 2. Jakarta : Salemba Empat
Nazir, Mohammad, 2004. Metode Penelitian, Edisi Kelima, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Parasuraman, A, Valarie A. Zeithaml and Leonard I. Berry, 2007,“SERVQUAL: A Multiple- Item Scale for Measuring Consu-mer Perceptions of Service Quality,†Jour-nal of Resilingâ€, Vol 64: No 1,Spring, p12-40.
Singarimbun, Masri dan Sofyan, Efendi, 2006, Metode Penelitian Survei, Cetakan ke Enambelas, LP3ES, Jakarta.
Tjiptono, Fandi., Anastasia Diana, 2007. Total Quality Management (TQM), Edisi III, penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Authors who publish to JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)