Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implant Orthoepedi (ZIMMER) Pada PT.Gana Semesta Mandiri

  • Sofian Kurniata Program Studi MM Fak. Ekonomi Untag Surabaya

Abstract

Stryker, diantara Zimmer dan Smith & Nephew, adalah salah satu perusahaan manufaktur implant ortopedi terkemuka di dunia. Sejarah perusahaan dimulai tahun 1941 ketika Dr Homer Stryker membentuk perusahaan ortopedi dan menjadi satu-satunya pemegang saham sebanyak 5.000 saham, senilai $ 20.000.Stryker beroperasi di 89 negara di seluruh dunia. Amerika adalah pasar utama perusahaan, sedangkan sisanya dari dunia mewakili 35% dari pangsa penjualan. Stryker berkantor pusat di Michigan dan sebagian besar fasilitas manufaktur berlokasi di Amerika Serikat. Namun, Stryker mengoperasikan pabrik di Jerman, Swiss, Prancis, Irlandia, Cina, Georgia, dan Puerto Rico. Dua area bisnis utama adalah implan ortopedi (59%) termasuk implan pinggul, implant lutut, sistem implan craniomaxillofacial, implan tulang belakang, implan trauma, semen tulang dan, peralatanMedSurg (41%) termasuk peralatan bedah dan sistem navigasi, endoscopic dan sistem komunikasi, produk perangkat medis dan peralatan gawat darurat.Stryker berada di peringkat  ke 323 perusahaan terbesar di Amerika Serikat pada tahun 2011 (Fortune 500, 2011), perusahaan yang paling inovatif ke-95 dunia (Forbes "perusahaan paling inovatif di dunia", 2011), peringkat ketiga di dunia yang paling dikagumi Perusahaan di Kedokteran & Lainnya Precision Equipment (Fortune "perusahaan dunia Paling dikagumi", 2011), dan menduduki peringkat ke-68 perusahaan terbaik untuk bekerja (Fortune"100 perusahaan terbaik untuk bekerja", 2011). Penjualan Stryker telah terus meningkat selama 31 tahun dan mencapai 7,3 miliar dolar pada tahun 2010. Tingkat pertumbuhan tahunan gabungan dalam penjualan adalah sebesar 20% untuk periode 31 tahun. Dari hasil pengujian terhadap model pada penelitian ini, dengan menggunakan random sampling, analisis structural equation model (SEM), dan bantuan software Amos 20, pada 100 responden,  mampu menjelaskan hubungan faktor promosi, harga, dan produk terhadap keputusan pembelian di PT. Gana Semesta Mandiri. Pada penelitian ini, didapat 1). Produk  berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 2). Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 3). promosi  berpengaruh terhadap keputusan pembelian. pada PT. Gana Semesta Mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa produk, harga dan promosi yang baik yang terdapat di PT. Gana Semesta Mandiri Surabaya secara bersama bila dikelola dengan baik, akan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Kata kunci: PT. Gana Semesta Mandiri, produk, harga, promosi, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreassen, Wallin and Lindestad. 1997. The Impact of Corporate Image on Quality, Customer Satisfaction and Loyalty for Customers with Varying Degrees of Servi-ce Expertise. “The Internasional Journal of Service Industry Managementâ€, 8 (4), : 14-15.

Athanassopoulos, Antreas., Spiros Gounaris & Vlassis Stathakopoulos, 2001, “Behavioural Responses to Customer Satisfaction: An empirical Studyâ€, European Journal of Marketing, Vol. 35. N0. 5, pp. 687-707.

Caruana, Robert, Arthur H. Money dan Pierre R. Berthon, 2000. “Service quality and satisfaction – the moderating role of value,†European Journal of marketing, Vol. 34, No. 11/12, p. 1338 – 1352.

Engel, James, Roger D Blackwell & Paul W. Miniard, 2003, Consumer Behaviour, 12th Edition, The Dryden Press, Forth Worth.

Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.L., and Black, W.C., 2005. Multivariate Data Ana-lysis , 8th Edition, Prentice-Hall, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Kertajaya, Hermawan, 2002, Prinsip Kepu-asan Pelanggan, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2 Edisi 12. Jakarta : Indeks

Kotler, Philip & Kevin Keller. 2009. Mana-jemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas Jilid 1. Indonesia: PT. Indeks.

Loudon, David I. & Albert J. Della Bitta, 1998, Consumer Behaviour : Concept and Application, Third Edition, Mc Graw Hill Book Company, Japan.

Noel, Y., Siu, Cheung, Jef Tak-I Ing, 2001, A Measure of Retail Service Quality, Jurnal Marketing Inteligence & Planning, Febru-ari, pp, 88-96.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pema-saran Jasa. Ed. 2. Jakarta : Salemba Empat

Nazir, Mohammad, 2004. Metode Penelitian, Edisi Kelima, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Parasuraman, A, Valarie A. Zeithaml and Leonard I. Berry, 2007,“SERVQUAL: A Multiple- Item Scale for Measuring Consu-mer Perceptions of Service Quality,†Jour-nal of Resilingâ€, Vol 64: No 1,Spring, p12-40.

Singarimbun, Masri dan Sofyan, Efendi, 2006, Metode Penelitian Survei, Cetakan ke Enambelas, LP3ES, Jakarta.

Tjiptono, Fandi., Anastasia Diana, 2007. Total Quality Management (TQM), Edisi III, penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Published
2014-04-01
How to Cite
Kurniata, S. (2014). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implant Orthoepedi (ZIMMER) Pada PT.Gana Semesta Mandiri. JMM17 : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 1(01). https://doi.org/10.30996/jmm17.v1i01.310
Section
Articles