https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/issue/feed JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik 2022-06-04T01:37:44+00:00 Dida Rahmadanik didarahma@untag-sby.ac.id Open Journal Systems Jurnal Penelitian Administrasi Publik (JPAP) is a journal of public administration that online managed and periodically published in twice a year. JPAP was first published in 2015. This journal is valuable source of knowledge for the following people: academics, practitioners, students, goverment, and private companies ISSN (Online) : 2460-1586 JPAP has been accredited with sinta 5 https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/4742 Pengukuran Kinerja Kesehatan Masyarakat Dalam Konstelasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah 2022-05-26T05:19:59+00:00 Alexander Arie Sanata Dharma alexander.arie@ui.ac.id <p><em>Pembangunan kesehatan masyarakat menjadi salah satu pondasi untuk penanganan pandemi di dunia. Secara khusus untuk Indonesia, sektor kesehatan merupakan salah satu urusan yang didesentralisasikan sehingga pembangunan kesehatan masyarakat merupakan kewenangan daerah. Untuk mengukur pembangunan kesehatan masyarakat, Kementerian Kesehatan sebagai leading sector memiliki Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) sebagai indikator kinerja. Di sisi lain, Kementerian Keuangan yang memiliki peran penting dalam distribusi anggaran ke daerah melakukan pengukuran kinerja pemerintah daerah melalui Indeks Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua indikator kesehatan masyarakat dengan indikator yang umum digunakan dalam manajemen kinerja di Indonesia, yaitu SAKIP, dalam ruang lingkup kinerja pemerintah daerah. Berdasarkan uji beda yang dilakukan diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan antara Indeks Kesehatan dan IPKM serta terdapat perbedaan antara Indeks Kesehatan maupun IPKM dengan nilai SAKIP. Penelitian ini merekomendasikan penguatan IPKM sebagai indikator kinerja kesehatan masyarakat yang dapat digunakan oleh Kementerian Keuangan dalam manajemen kinerja pemerintah daerah sekaligus untuk mengevaluasi pemanfaatan TKDD untuk sektor kesehatan.</em></p> 2022-05-25T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/5923 Transparansi Pengelolaan Dana Desa di Desa Cangkringrandu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang 2022-05-26T05:20:00+00:00 Yulia Nurjanah 17041010091@student.upnjatim.ac.id Diana Hertati diana.adne2021@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan transparansi pengelolaan dana desa di Desa Cangkringrandu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. Karena melihat dari banyaknya kasus-kasus mengenai tidak transparannya pengelolaan keuangan desa di desa masing-masing khususnya dana desa. Permasalahan ini tentunya dapat diminimalisir jika semua pihak mendukung adanya pemerintahan yang bersih baik dari masyarakat yang ikut dalam pelaksanaan program desa ataupun pengawasannya. Penelitian ini menggunakan teori menurut Institute for Democracy in South Africa (IDASA). Penerapan transparansi pengelolaan dana desa dapat dilihat dari ada tidaknya kerangka kerja hukum bagi transparansi, adanya akses masyarakat terhadap transparansi anggaran dan adanya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Transparansi Pengelolaan Dana Desa di Desa Cangkringrandu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang sudah transparan. Transparansi pengelolaan dana desa dapat dilihat dari 1) Ada tidaknya kerangka kerja hukum bagi transparansi, 2) Adanya akses masyarakat terhadap transparansi anggaran, 3) Adanya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa transparansi pengelolaan dana desa di Desa Cangkringrandu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang sudah transparan namun belum optimal.</em></p> 2022-05-26T05:03:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/5747 Efektivitas PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Dalam Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kota Batu 2022-05-26T23:19:26+00:00 Langgeng Rachmatullah Putra langgengputra@unisma.ac.id Taufiq Rahman Ilyas taufiq@unisma.ac.id Benny Krestian Heriawanto bennyheriawanto@unisma.ac.id <p align="center"><strong><em>Abstract:</em></strong></p><p><em>The PTSL program launched by the central government is like a breath of fresh air for the people of Batu City, where the community is greatly helped in terms of the ease of obtaining land certificates. However, in the general PTSL implementation process as regulated in PP 24 of 1997, there are several irregularities and problems, particularly related to administration which does not require a transfer deed. This study uses a qualitative approach with a SWOT analysis technique. The analysis is carried out based on maximizing strengths and opportunities, but at the same time minimizing weaknesses and threats. In conclusion, the village as the spearhead of the implementation of the PTSL program has different problems, both in terms of resources and technical aspects, namely, (1) Extension or socialization that is not comprehensive because the counseling process is carried out individually on the RT RW committee. (2) Issuance of certificates of property rights whose issuance still contains several errors. 3) There are internal problems within the Village level committee team which result in obstacles in the form of a decrease in service quality. (4) There is no certainty regarding the completion period for the issuance of the Certificate of Ownership which is announced to the public or the issuance is delayed from the schedule. Then suggestions that can be given are efforts to improve infrastructure, increase human resource capacity and be more active in conducting socialization activities both to the community and village officials, which should be carried out by the Batu City Government, in this case the Batu City Land Office.</em></p><p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Effectiveness, PTSL, Service, Administration<strong></strong></em></p><p align="center"><strong><em> </em></strong></p><p align="center"><strong><em>Abstrak:</em></strong></p><p><em>Program PTSL yang dicanangkan oleh pemerintah pusat seperti menjadi angin segar bagi masyarakat Kota Batu, dimana masyarakat menjadi sangat terbantu dalam kaitannya kemudahan pengurusan sertifikat tanah. Namun, Pada proses penyelenggaraan PTSL secara umum sebagaimana diatur dalam PP 24 Tahun 1997 terdapat beberapa penyimpangan dan permasalahan, khususnya terkait administrasi yang tidak memerlukan adanya akta peralihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis SWOT. Analisis dilakukan dengan didasarkan kepada pemaksimalan kekuatan (strength) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan juga meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats). Kesimpulan, desa sebagai ujung tombak pelakasnaan program PTSL mempunyai problem yang berbeda beda baik dari segi sumberdaya maupun teknis yakni, (1) Penyuluhan atau sosialisasi yang kurang menyeluruh dikarekan proses penyuluhan yang dilaksanakan secara individu pada panitia RT RW. (2) Penerbitan sertifikat hak milik yang penerbitannya masih terdapat beberapa kesalahan. 3) Adanya permasalahan internal dalam tim panitia tingkat Desa yang mengakibatkan adanya hambatan berupa penurunan kualitas pelayanan. (4) Tidak adanya kepastian mengenai jangka waktu penyelesaian penerbitan Sertifikat Hak Milik yang diumumkan kepada masyarakat atau penerbitan mundur dari yang sudah dijadwalkan. Kemudian saran yang dapat diberikan yakni upaya perbaikan infrastruktur, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan lebih aktif dalam melakukan kegiatan sosialisasi baik kepada masyarakat maupun petugas dari pihak desa harus dilakukan oleh pemerintah kota batu dalam hal ini adalah Kantor Pertanahan kota batu.</em></p><p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><em> Efektivitas, PTSL, Pelayanan, Administrasi</em></p> 2022-05-26T23:19:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/5588 PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PERSONEL (Studi Kasus pada KRI XYZ) 2022-06-04T01:37:44+00:00 andi sulistiono andizhanglu@yahoo.com Budi riyanto budi.rianto@hangtuah.ac.id Sri Wahyuni srwh_yuni@yahoo.com <p><em>The research </em><em>was implemented by author to </em><em>examine the </em><em>relation </em><em> of competence</em><em> and </em><em>work motivation to the personel performance</em><em> in order to accomplish work daily</em><em>. The analysis will use approaches quantitative method in which some data will be collected </em><em>from</em><em> field research and some theories. Field research will take place in </em><em>a warship xyz</em><em>. The author will </em><em>arrange</em><em> analysis</em><em> which is </em><em>use</em><em>d </em><em>regrresion analysis to examine the correlation personel competence</em><em> and</em><em> work motivat</em><em>ion</em><em> </em><em>to</em><em> the personel performance</em><em> by partially and simultaneously</em><em>. The correlation from competence to personel performance is 0,5</em><em>2</em><em>, </em><em>it means </em><em>competence has correlation and influence to the personel performance</em><em>.</em><em> </em><em>T</em><em>he result of correlation analysis from work motivation to personel performance is 0,615</em><em>,</em><em> </em><em>i</em><em>t has meaning that work motivation has strong correlation and </em><em> give </em><em>influence to the personel performance. Regression linear analysis showed</em><em> </em><em>the value of t table from work motivation bigger than t table of competence to the personel performance, it means that work motivation has influence stronger than competence to the personel performance.</em><em></em></p> 2022-06-04T01:37:44+00:00 ##submission.copyrightStatement##