IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA PONDOK PESANTREN AN NASHUHA KALIMUKTI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 5 CIREBON)
Abstract
Penerapan pembelajaran secara Dalam Jaringan (Daring) pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Cirebon memberikan pengaruh besar dalam peningkatan kualitas pendidikan di Era New Normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran melalui daring pada MAN 5 Cirebon. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan angket kepada responden atau santri di Pondok Pesantren An Nashuha Desa Kalimukti Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon yang sedang menempuh pendidikan di MAN 5 Cirebon. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan TIK sebagai sarana pembelajaran melalui daring pada MAN 5 Cirebon masih belum terlaksana dengan maksimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya akses internet pada lingkungan Pondok Pesantren An Nashuha Kalimukti, adanya kebijakan pondok pesantren tentang penggunaan alat komunikasi pada santri-santrinya, sehingga menyebabkan pembelajaran yang dilakukan secara daring pada MAN 5 Cirebon tidak seperti yang diharapkan secara baik. Perbaikan meyeluruh perlu dilaksanakan agar pengembangan model pembelajaran secara daring dapat terlaksana dengan baik. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan umpan balik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada MAN 5 Cirebon. Kata Kunci: Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), Pembelajaran Daring, Pondok Pesantren.References
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran
Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas
Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah
(KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati
Bandung Tahun 2020.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring
Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi.
Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung.
Lapisa, R., Basri, I. Y., Milana, M., & Arif, A. (2019). Review Implementasi Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran: Studi Kasus SMK di
Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(4), 103–109.
https://doi.org/10.24036/jptk.v2i4.6023
Setyadi, D. (2017). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS
ANDROID SEBAGAI SARANA BERLATIH MENGERJAKAN SOAL
MATEMATIKA. Satya Widya. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-
wikipedia. (2014). Teknologi Informasi Komunikasi. 30 April 2014.