Pengaruh Inovasi Produk, Brand Image, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Shopee
Abstract
Dalam perkembangan teknologi di zaman modern ini semakin meningkat dengan adanya informasi yang diunggah oleh perusahaan, hal ini bermanfaat bagi konsumen yang ingin mengetahui informasi produk yang akan dibeli dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan akan alat komunikasi cukup meningkat yang berdampak pada permintaan konsumen di pasar sehingga semakin banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengeluarkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara inovasi produk, brand image, dan online customer review terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Shopee.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh positif dan signifikan inovasi produk, citra merek, dan tinjauan pelanggan online terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (non probability sampling) dan populasinya adalah konsumen yang menggunakan smartphone Samsung dan pernah membeli smartphone Samsung minimal satu kali di Shopee. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung, brand image berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung, dan OnĀ Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Shopee.