Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi, Penggunaan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro( UMK ) Sentra Kuliner Deles Merr Surabaya

  • Siti Mazumah UNTAG
  • Ute Chairuz M Nasution Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Awin Mulyanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: :Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi, Penggunaan E-Commerce dan Perkembangan Usaha

Abstract

Bersamaan dengan kemajuan era yang dicirikan oleh perkembangan ekonomi,
keperluan hidup manusia bertambah bermacam-macam. untuk mempunyai
naluri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan banyak yang memilih
bekerja sebagai pegawai di perusahaan negeri atau swasta untuk bertahan
hidup. dengan memilih untuk menjadi pegawai itu karena factor kebutuhan
karena mindset atau pola pikir yang ditanamkanseorang pegawai bagaimana
caranya bisa menghasilkan uang dan yang ada dibenak mereka adalah menjadi
pegawai agar dapat mengetahui pendapatannya setiap bulannya. Di Indonesia
masalah ekonomi timbul karena krisis dampak pandemi COVID-19 pada tahun
2019 Di masa krisis pandemi ini, banyak bisnis di tanah air yang melancarkan
tindakan PHK terhadap karyawannya Akibatnya, semakin banyaknya
pengangguran, yang merupakan indikasi calon sektor formal atau perusahaanperusaahanaan tidak lagi mampu menampung angka kerja di Indonesia. Jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan (field ressearch) yakni pengamatan
langsung terhadap obyek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian
analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis data secara mendalam
dalam bentuk angka, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.
Menurut analisa dari penelitian memperlihatkan bahwasanya Pengetahuan
Kewirausahaan, Motivasi, Penggunaan E- Commerce berpengaruh signifikan
secara simultan terhadap Perkembangan Usaha mikro (UMK) Sentra Kuliner
Deles Merr Surabaya. Hal ini terbukti dari hasil nilai uji simultan F yang
menyatakan secara simultan terdapat pengaruh antara Pengetahuan
Kewirausahaan, Motivasi, Penggunaan E- Commerce terhadap Perkembangan
Usaha pada Sentra Kuliner Deles Merr Surabaya. Serta variabel Pengetahuan
Kewirausahaan, Motivasi, Penggunaan E-Commerce dengan bersamaan
berdampak akan Perkembangan usaha di Sentra Kuliner Deles Merr Surabaya
Hal ini dapat menunjukkan bahwasanya Pengetahuan Kewirausahaan,
Motivasi, Penggunaan E-Commerce dapat meningkatan omset penjualan,
pertubuhan pelanggan, dan pertumbuhan tenaga kerja pada Perkembangan
Usaha pada setiap Pelaku UMK yang ada di Sentra Kuliner Deles Merr Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-13
How to Cite
Mazumah, S., Nasution, U. C. M., & Mulyanti, A. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi, Penggunaan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro( UMK ) Sentra Kuliner Deles Merr Surabaya. SOSIALITA, 2(2), 295 - 310. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sosialita/article/view/9151
Section
Articles