Generasi Z merupakan generasi yang dilahirkan pada era teknologi modern. Generasi Z diyakini memiliki ambisi besar untuk berwirausaha. Berdasar hasil survei dari Standard Chartered, 87% milenial dan Generasi Z berencana untuk memulai bisnis sendiri (Natal

  • Arshita Safa Nugraheni Universitas 17 Agustus 1945

Abstract

Generasi Z merupakan generasi yang dilahirkan pada era teknologi modern. Generasi Z diyakini memiliki ambisi besar untuk berwirausaha. Berdasar hasil survei dari Standard Chartered, 87% milenial dan Generasi Z berencana untuk memulai bisnis sendiri (Natalia, 2020). Angka ini lebih tinggi daripada angka global yaitu 75%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Lingkungan, Kepercayaan Diri dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha pada Generasi Z di Kecamatan Tambaksari Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 Generasi Z yang lahir pada tahun 1997-2006. Menggunakan metode non-probability sampling (pengambilan sampel secara tidak acak) dengan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa pertama, secara parsial Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Kedua, secara parsial Kepercayaan Diri berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Ketiga, secara parsial Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Kemudian dari hasil uji F menunjukkan bahwa Lingkungan, Kepercayaan Diri dan Motivasi berpengaruh signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap Minat Berwirausaha pada Generasi Z di Kecamatan Tambaksari Surabaya.

 

Kata Kunci: Lingkungan, Kepercayaan Diri, Motivasi dan Minat Berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-19
How to Cite
Nugraheni, A. (2023). Generasi Z merupakan generasi yang dilahirkan pada era teknologi modern. Generasi Z diyakini memiliki ambisi besar untuk berwirausaha. Berdasar hasil survei dari Standard Chartered, 87% milenial dan Generasi Z berencana untuk memulai bisnis sendiri (Natal. SOSIALITA, 2(2), 388 - 402. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sosialita/article/view/9178
Section
Articles