Pengaruh Pembayaran SPaylater dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada pengguna Shopee di Surabaya
Abstract
Kebutuhan merupakan segala sesuatu yangv diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan dan mengembangkan kelangsungan hidupnya, bentuk kebutuhan dapat berupa barang dan jasa. Pada era sekarang 5.0 masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sudah mulai menggunakan aplikasi marketplace, yang menyediakan berbagai kebutuhan yang diinginkan seperti baju, perangkat elektronik, makanan, dll. Salah satunya marketplace Shopee, Shopee banyak melakukan promosi untuk menarik calon pelanggan. Promosi yang diberikan marketplace Shopee yaitu memberi fasilitas pembayaran SPaylater dan potongan harga agar menarik konsumen untuk menggunakan dan melakukan pembelian barang atau jasa di Shopee. Oleh karen itu dilakukan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pembayaran Spaylater dan potongan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion pada pengguna Shopee di Surabaya, penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, objek penelitian ini yaitu konsumen yang sudah melakukan pembelian produk fashion pada pengguna Shopee di Surabaya dengan jumlah pengambilan sampel sebanyak 100 menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan elektronik kuesioner yang dimasukkan dalam google form, dan selanjutnya akan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil yang sudah didapatkan pada serangkaian pengujian yang sudah dilakukan yaitu variabel pembayaran SPaylater dan potongan harga terdapat pengaruh terhadap peputusan pembelian produk fashion pada pengguna Shopee di Surabaya.