Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi, dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha pada Generasi Z di Wilayah Kota Surabaya Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah variabel Efikasi Diri, Motivasi dan Pemanfaatan Media Sosial berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha pada Generasi Z di Wilayah Kota Surabaya Timur, jumlah sampel yang digunakan adalah 100 orang yang merupakan seluruh Generasi Z di Surabaya Timur dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Proses pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diisi oleh karyawan dengan menggunakan skala likert sebagai alat pengukurannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji validitas, dan uji reabilitas. Teknik pengumpulan hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat berwirausaha pada Generasi Z di Surabaya Timur. Hasil secara parsial variabel Efikasi Diri, Motivasi dan Pemanfaatan Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha pada Generasi Z di Surabaya Timur. Hasil dari koefisien determinasi (R²) diperoleh sebesar 48,0% yang merupakan pengaruh variabel Efikasi Diri, Motivasi dan Pemanfaatan Media Sosial, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini, seperti modal, lingkungan keluarga dll.