A Conveyor

belt conveyor machine

  • Rachmadtul Rizal Aprelleo Teknologi_Manufaktur
Keywords: mesin konveyor, perhitungan daya motor, perhitungan konveyor.

Abstract

Untuk mengurangi beberapa kegiatan pengemasan di PT Bioli Lestari terutama pada pengemasan boringy yangdimana ada 3 tahapan dalam proses pengemasan yaitu, laser merk, penyiraman solar, penirisan solar,dan pengemasan. Yang membuat waktu pengerjaan menjadi kurang efektif dan membuang banyak waktu dan juga tenaga.

Permasalahan dari proses ini adalah kuranngnya tenaga mesin yang bisa membantu pada proses ini untuk mengurangi waktu dan juga tenaga yang dibutuhkan pada aktivitas proses pengemasan ini. Oleh karena itu penulis ingin membantu pekerja/perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada proses inidengan merancang mesin konveyor yang didesain sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Fungsi dari mesin ini adalah untuk mengurangi beberapa tahapan pada proses pengemasan borinng. Sehingga, waktu dan juga tenaga tidak berbuang dengan sia-sia. Pada penelitian ini penulis berfokus pada perhitungan daya motordan konveyor sabuk yang meliputi : kecepatan linier, kapasitas angkut, panjang belt, tegangan belt.

Hasil dari penelitian ini adalah Perhitungan kecepatan konveyor = 0.0041cm/s, kapasitas angkut =24.4kg/jam, panjang sabuk = 212cm, tegangan sabuk = 27703.44 N/m N, dan daya motor yang dibutuhkan 27.17 watt.

Kata kunci : mesin konveyor, perhitungan daya motor, perhitungan konveyor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-25
How to Cite
Aprelleo, R. (2023). A Conveyor. TEKNIKA, 1(1), 377-387. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/teknika/article/view/9199
Section
Articles