Studi Evaluasi Distribusi Jaringan Tegangan Rendah (JTR) pada Gardu JPR 047 Penyulang Merak

  • Oktavianus Kati Uniersitas Cenderawasih
  • Am Khafabin Uniersitas Cenderawasih
  • Suparno Suparno Universitas Cendrawasih Papua

Abstract

Sistem distribusi Jaringan Tegangan Rendah (JTR) yaitu bagian dari distribusi tenaga listrik yang menghubungkan antara transformator distribusi dengan Sambungan Rumah (SR) yang merupakan titik akhir dari pelayanan listrik kepada konsumen. Sehingga potret pelayanan dapat dilihat dari mutu tegangan dan tingkat keandalan dari sisi sambungan rumah. Jumlah tarikan sambungan rumah (SR) deret yang tidak sesuai standar akan berpengaruh terhadap kehandalan yang merupakan kerugian bagi PLN yang mengakibatkan drop voltage ( tegangan jatuh). Metode yang digunakan pada proyek akhir yaitu dengan melakukan studi literatur dan survei lapangan dengan pengamatan langsung dan mengukur hasilnya. Hasil yang diperoleh dari survei lapangan dan analisa perhitungan tegangan jatuh pada pelanggan pertama SR Tipe Deret pada Gardu JPR 047 Penyulang Merak mencapai 214 volt dengan persentase tegangan jatuh 4,44% nilai tersebut menujukan bahwa pelanggan pertama SR tipe Deret masih sesuai standar jatuh tengangan. Tegangan jatuh pada pelanggan tarikan ke-5 SR Deret mencapai 194 volt dengan persentase tegangan jatuh 12,22% nilai tersebut menujukan bahwa pelanggan ke-5 SR tipe Deret sudah tidak sesuai standar jatuh tengangan. Sementara untuk tegangan jatuh pada pelanggan tarikan ke-20 SR Deret mencapai 167 volt dengan persentase tegangan jatuh 26,11% nilai tersebut menujukan bahwa pelanggan ke-20 SR tipe Deret sudah sangat drop dan tidak sesuai standar jatuh tengangan.

 

Kata Kunci: JTR(Jaringan Tegangan Rendah), SR Deret, Drop Tegangan, Persentase Tegangan jatuh

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Oktavianus Kati, Uniersitas Cenderawasih
Jurusan Teknik Elektro,
Am Khafabin, Uniersitas Cenderawasih
Jurusan Teknik Elektro,
Suparno Suparno, Universitas Cendrawasih Papua
Teknik Elektro,

References

Suprianto, “Sistem Distribusi Tenaga Listrik”, 17 Oktober 2015.

Nugroho, Agung. 2015. “Analisa Perbaikan Losses Dan Jatuh Tegangan Pada Jaringan Sambungan Rumah Tidak Standar Dengan Simulasi Software Etap 7.5.0”. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Diponegoro Semarang.

Lauw, Denis. 2020. “Studi Jatuh Tegangan Pada Pelanggan Sambungan Rumah (SR) Tipe Deret Gardu JPR 292 Penyulang Garuda Di PT.PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Jayapura”. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Cenderawasih.

Perusahaan Umum Listrik Negara. (1987). SPESIFIKASI DESAIN UNTUK JARINGAN TEGANGAN MENENGAH (JTM) DAN JARINGAN TEGANGAN RENDAH (JTR). Jakarta:PLN.

Perusahaan Listrik Negara. (1995). TEGANGAN – TEGANGAN STANDAR. Jakarta: PLN.

PT.PLN (PERSERO). (2014). SPESIFIKASI KABEL TEGANGAN RENDAH BAGIAN 1: KABEL PILIN UDARA. Jakarta:PLN.

Perusahaan Umum Listrik Negara. (1993). SAMBUNGAN TENAGA LISTRIK TEGANGAN RENDAH (SLTR). Jakarta:PLN.

Published
2021-07-31