PURWARUPA PENDETEKSI DINI KEBAKARAN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC DENGAN SMS SEBAGAI MEDIA INFORMASI

  • Laxmi Rani Rebekah Ronaldo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agus Darwanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nuril Esti Khomariah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Arduino, Fuzzy Mamdani, Kebakaran, Sensor

Abstract

Iklim negara kita yang tropis rawan terjadi kebakaran terutama di daerah lahan yang mengalami kekeringan maupun di daerah perkotaan yang padat. Kebutuhan akan sebuah sistem yang dapat membantu manusia untuk memberikan peringatan jika terjadi kebakaran pada rumah atau lahan yang dimiliki menjadi sesuatu yang penting. Alat yang mampu memberikan peringatan pada jarak yang jauh terutama akan mampu memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan pada pengguna pada saat tidak berada di lokasi properti yang dimilikinya. Sistem ini dirancang menggunakan mikrokontroler dan handphone dengan fasilitas sms untuk memberikan informasi bahaya kebakaran lebih awal kepada pengguna, sehingga kebakaran dapat diatasi lebih dini.   Alat pendeteksi ini menggunakan tiga sensor yaitu sensor suhu DS18B20, sensor gas dan asap MQ 2, serta sensor api. Sensor ini dikoneksikan dengan mikrokontroler serta telepon genggam, Buzzer, LCD dan interface lainnya. Sensor-sensor tersebut diatur menggunakan logika fuzzy untuk meningkatkan keakuratan dari deteksi yang dilakukan. Hasil deteksi dikirimkan melalui SMS ke telepon genggam pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Apryandi, “Rancang Bangun Sistem Detektor Kebakaran Via Handphone Berbasis Mikrokontroler,†J. Tek. Elektro Univ. Tanjungpura, vol. 1, no. 1, p. 7, 2013.

Wiweko and H. Suharto, “Sistem Peringatan Dini Akan Bahaya Kebakaran,†TESLA J. Tek. Elektro UNTAR, vol. 10, no. 2, pp. 75–78, 2008.

Y. Mose, “Otomatisasi Sistem Pendeteksi Kebakaran Berbasis SMS Gateway,†J. Log., vol. 1, no. 1, pp. 24–38, 2010.

D. Sasmoko and A. Mahendra, “RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI KEBAKARAN BERBASIS IoT dan SMS GATEWAY MENGGUNAKAN ARDUINO,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, pp. 469–476, 2017.

E. Suanto, M. Sidqon, and F. A. Hermawati, “Sistem Diagnosa Berbasis Fuzzy pada Penyakit Polineuropati Akibat Diabetes Melitus,†KONVERGENSI, vol. 13, no. 1, pp. 18–31, 2017.

Published
2019-09-07
Section
Articles