SISTEM SIMULASI DINI BENCANA BANJIR

  • Syah Putra Bagus Rahmad Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sugiono Sugiono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Simulasi, Tanggap bencana, Banjir, Mikrokontroller

Abstract

Bencana alam merupakan bencana yang tidak bisa dihindari.dalam kehidupan di alam atau bumi ini tidak bisa dihindari karena kesalahan dari manusia itu sendiri. Banyaknya sungai juga tidak lepas dengan adanya bencana banjir. Karena permasalahan banjir yang melanda di daerah kurang lebih di indonesia adalah negara yang sering terjadi banjir setiap tahunya. Untuk mencegah bencana tersebut penulis ingin membuat alat hardware yang bisa mengurangi dampak dari bencana banjir yang sering terjadi.yang bisa mengurangi dampak kematian maupun kerugian materi dengan membuat alat sensor yang berfungsi untuk memperingati adanya bencana banjir datang dengan sistem microkontroler berbasis arduino yang nantinya difungsikan di daerah yang sering rawan adanya banjir dan daerah yang sering terjadi meluapnya air sungai.dengan alat ini pembuat berharap agar bisa membantu warga untuk siap dalam menghadapi adanya banjir datang.dengan kesiapan warga pun tidak perlu begitu cemas karena setiap akan bencana banjir akan datang akan ada perigatan terhadap warga sekitar dengan adanya sirine dan perigatan-peringatan yang efektif untuk menanggulangi bencan banjir tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

V. V. Krzhizhanovskaya et al., “Flood early warning system: Design, implementation and computational modules,†Procedia Comput. Sci., vol. 4, no. December, pp. 106–115, 2011.

M. I. K. Alfahadiwy and A. Suliman, “Flood Detection using Sensor Network and Notification via SMS and Public Network,†in Student Conference On Research And Development (SCOReD 2011), 2011, pp. 1–7.

N. Ahmad et al., “Flood Prediction and Disaster Risk Analysis using GIS based Wireless Sensor Networks , A Review,†J. Basic Appl. Sci. Res., vol. 3, no. 8, pp. 632–643, 2013.

M. Madhumathi and R. K. Grace, “Flood Alert Management System Using IoT and Microcontroller,†Int. J. Innov. Res. Comput. Commun. Eng., vol. 5, no. 4, pp. 8578–8585, 2017.

E. Kuantama, L. Setyawan, and J. Darma, “Early flood alerts using Short Message Service (SMS),†in Proceedings of the 2012 International Conference on System Engineering and Technology, ICSET 2012, 2012.

W. Indrasari, B. H. Iswanto, and M. Andayani, “Early Warning System of Flood Disaster Based on Ultrasonic Sensors and Wireless Technology,†IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 335, no. 1, pp. 1–7, 2018.

Published
2019-09-07
Section
Articles