RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN BARANG BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. DUTA TRANSINDO PRATAMA SURABAYA)
Abstract
Jasa pengiriman barang adalah sesuatu pelayanan yang memberi kemudahan proses mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain dengan aman serta dipertanggungjawabkan keamanannya oleh pihak penyedia jasa. Pengiriman barang dapat berupa logistik, produk elektrok, dokumen dan lain lain. Jalur yang digunakan untuk kiriman barang bisa melalui jalur udara, laut dan darat. Semakin berkembangnya teknologi maka dibutuhkan sistem yang dapat meningkatkan pelayanan kinerja dalam pencacatan pengiriman barang, pengecekan ongkos kirim dan juga tracking barangkiriman. Dengan adanya system informasi pengiriman barang ini diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan yang ada di PT Duta Transindo Pratama Surabaya yaitu terkomputerisasinya data pengiriman barang, adanya sistem yang bias mengecek ongkos kirim dan tracking barang.
Downloads
References
H. Dhika, L. Lukman, and A. Fitriansyah, “Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Berbasis Web,” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 1, p. 51, 2016.
E. Yulianti, G. P. Destriana, and S. Sukemi, “Sistem Informasi Pengiriman Barang Pada PT. Vira Surya Utama Palembang,” Jurnal Ilmiah Informatika Global, vol. 9, no. 1, pp. 7–13, 2018.
D. Y. Utami, “Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Antar Pulau Menggunakan Waterfall Pada Pt. Sinar Wijaya Kusuma Jakarta,” Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 17, no. 2, pp. 5–26, 2015.
C. Vikasari, “Sistem Informasi Manajemen Pada Jasa Expedisi Pengiriman Barang Berbasis Web,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 123–132, 2018.
R. C. Palacios, J. M. G. Berbís;, and Á. G. Crespo, “an Integrated Methodology for Customer Relationship Management Customization,” JISTEM Journal of Information Systems and Technology Management, vol. 4, no. 3, pp. 287–300, 2007.
F. A. Amalina, I. Aknuranda, and M. C. Saputra, “Pengembangan Sistem Informasi E-CRM Berbasis Website pada Dinikoe Keramik,” Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 11, no. 2, pp. 5884–5891, 2018.
R. Hidayat, “Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-Crm Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 4, no. 2, 2014.
W. Agustin, R. Adlan, and Y. Efendi, “Rancangan Website E-CRM (Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith Pekanbaru,” IT Journal Research and Development, vol. 3, no. 2, pp. 9–18, 2019.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.