Pengaruh Fluida Pendingin Radiator Dan Putaran Mesin Terhadap Kapasitas Radiator Dan Efektifitas Penyerapan Panas Honda Mobilio Tipe DD4 MT 1.5 E
Abstract
Sistem pendingin merupakan bagian penting dalam suatu siklus kerja mesin. Sistem pendingin tujuan utama untuk mempertahankan suhu kerja mesin agr tetap optimal dan mencegah terjadinya overheating dalam mesin. Maka dari itu peneliti mengkaji variasi fluida pendinginan terhadap kapasitas radiator dan efektifitas penyerapan panas serta menganalisis kapasitas radiator berdasarkan Rpm mesin dan pengaruh waktu terhadap kapasitas waktu terhadap kapasitas dan efektifitas penyerapan panas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam proses pengujian dilakukan secara bertahap dan mencatat hasil pengujian untuk laju perpindahan panas (kapasitas radiator) hasil tertinggi pada fluida air mineral yaitu 440832 watt. Dan terendah pada fluida All Season AntiFreeze Coolant yaitu 141134 watt. Sedangkan hasil pengujian untuk efektifitas penyerapan panas panas radiator yang memiliki efektifitas penyerapan panas yang stabil dari variasi fluida yang ditetapkan yaitu menggunakan fluida All Season AntiFreeze Coolant.
Kata Kunci :Fluida pendingin, kapasitas radiator, efektifitas radiator
Downloads
Mekanika : Jurnal Teknik Mesin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions