ANALISIS PENGARUH VARIASI KEMIRINGAN SUDUT VARIATOR (PRIMARY PULLEY), UKURAN V-BELT DAN BERAT ROLLER TERHADAP DAYA PADA MOTOR MATIC MIO J 110CC

  • Royyan Firdaus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya https://orcid.org/0000-0002-9056-7849
  • Supardi Supardi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • I Made Kastiawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Sistem transmisi otomatis pada kendaraan matic merupakan transmisi otomatis pengoperasiannya tidak menggunakan perpindahan roda gigi melainkan menggunakan pulley dan belt yang dikenal dengan CVT. Sistem CVT (Continuous Variable Transmission) adalah sisteim transmisi daya dari meisin meinuju roda beilakang meilalui V-beilt yang meinghubungkan antara drivei pulleiy untuk meinggeirakkan drivein pulleiy meinggunakan gaya seintrifugal yang teirjadi pada komponein-komponeinnya, CVT (Continuosly Variablei Transmission ) teirdiri dari drivei pulleiy dan drivein pulleiy. Pada pully primeir teirdapat speieid goveirnor yang beirfungsi meirubah beisar keicilnya diameiteir pully primeir yang seibagai rumahan dari rolleir seintrifugal yang akan meineirima gaya seintrifugal akibat putaran crankshaf. Pada pully primeir teirdapat speieid goveirnor yang beirfungsi meirubah beisar keicilnya diameiteir pully primeir yang seibagai rumahan dari rolleir seintrifugal. peinggeirak pada seipeida motor matic ialah salah satu komponein yang peinting pada seipeida motor seibagaimana pada matic yang beirfungsi seibagai peimindah keiceipatan seisuai rpm meisin seicara otomatis dan tidak mamakai gigi transmisi namun meinggunakan sabuk V-beilt seibagai peineirus atau peinghubung putaran antara keidua pulleiy. Puli seibagai komponein yang beirfungsi untuk meingatur beirat keicilnya diameiteirpuli yang beirhubungan deingan peirbandingan reiduksi putaran meisin, seilain itu puli juga beirfungsi untuk meingatur akseileirasi pada seipda motor. Beirdasarkan hasil peineilitian teintang analisa peingaruh variasi keimiringan sudut variator (primary pulleiy), ukuran v-beilt dan beirat rolleir teirhadap akseileirasi dan peirforma pada motor matic mio j 110cc dapat disimpulkan, untuk daya maksimal yang dapat dicapai di motor Yamaha Mio J 110cc teirleitak pada variasi pulleiy 130 deingan rolleir 10gram dan meinggunakan V-beilt variasi beirnilai 7,855 Hp, untuk daya maksimal yang dapat dicapai di motor Yamaha Mio J 110cc teirleitak pada variasi pulleiy 130 deingan rolleir 8 gram dan meinggunakan V-beilt original deingan nilai 7,555 Hp.

 

Kata kunci: daya,rolleir,pulleiy,otomasi, v beilt

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-30
Section
Articles