PERANCANGAN PERANGKAT MONITORING KETINGGIAN AIR TANDON SKALA RUMAH BERBASIS SENSOR ULTRASONIK MELALUI INDIKATOR LAMPU, ALARM, DAN LCD

  • Mastuki Mastuki Teknik Mesin UNTAG Surabaya
  • Santoso Santoso Teknik Elektro UNTAG Surabaya

Abstract

Penelitian perancangan perangkat monitoring ketinggian air tendon rumah tangga berbasis sensor ultrasonik melalui indokator lampu, alarm, dan LCD telah mulai dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem untuk mendeteksi atau memonitoring ketinggian air dalam tandon rumah tangga dengan sensor ultrasonik dan membuat suatu sistem untuk memberikan informasi atau peringgatan dini apabila air pada tandon sudah mulai habis dan sudah akan penuh. Komponen-komponen yang perlu disiapkan adalah mikrokontroler atmega 16, sensor ultrasonik, LCD, relay, buzzer, kabel USB dan jumper, lampu, dan beberapa elemen pendukung lainnya. Dari analisa hasil, disimpulkan bahwa alat detektor ketinggian air tandon bekerja dengan baik dan dapat dirancang dengan mikrokontroller ATMega 328 sebagai kontrolernya dan sensor ultrasonik sebagai detektor ketinggian air tandon serta lampu dan alarm sebagai indikator ketinggian. Alat detektor masih skala lab dan masih dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan sebagai sistem otomasi dari pompa dengan menyelaraskan pada indikator lampu.

Kata kunci: sensor ultrasonik, mikrokontroller, ketinggian air tendon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eko Syamsuddin dkk. Perancangan Alat Pengatur Suhu Air dan Pengisian Bak Air Secara Otomatis Melalui Short Message Service Berbasis Mikrokontroler. TESLA Vol. 9 No. 1, 11–22 (Maret 2007).

Khairul Saleh dkk. Sistem Peman-tauan Ketinggian Permukaan Air Berbasis Mikrokontroler Basic Stamp-2 Menggunakan Memory Stick sebagai Penyimpan Data. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013

Octarina Nur Samijayani dkk. Imple-mentasi Sistem Sensor Sederhana untuk Peringatan Banjir melalui SMS. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi, Vol. 2, No.1, Maret 2013. Jakarta.

Riny Sulistyowati dkk. Sistem Pende-teksi Banjir Berbasis Sensor Ultrasonik dan Mikrokontroler dengan Media Komunikasi Sms Gate Way. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Published
2018-07-05
Section
Articles