ANALISA PENGARUH VARIASI MEDIA PENDINGIN DAN WAKTU PENDINGINAN TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADUAN AL 6061 – SERBUK BESI SETELAH PERLAKUAN PANAS T6

  • Ismail Ismail Prodi Teknik Mesin UNTAG Surabaya
  • Moh Rizal Taufik Lutfi

Abstract

Aluminium atau logam yang tergolong mempunyai sifat ringan dan tahan korosi yang digunakan sebagai matriks dan serbuk besi sebagai penguat guna untuk dapat menghasilkan sebuah paduan aluminium komposit yang memiliki sifat mekanik yang bagus dan bisa di dapatkan dengan biaya yang sangat terjangkau sehingga dapat bersaing secara luas dengan macam jenis komposit lainnya. Media pendingin merupakan media pendingin secara cepat dengan menggunakan oli SAE, air garam, air dan waktu pendinginan 10 menit –  20 menit , kemampuan suatu jenis media dalam mendinginkan spesimen bisa berbeda – beda, kemampuan media pendingin disebabkan oleh temperatur, kekentalan, kadar larutan dan bahan dasar media pendingin. Penilitian bertujuan menganalisa pengaruh perlakuan panas T6 dengan variasi media pendingin suhu ruangan, oli sae, air garam, dan air dengan variasi waktu pendinginan 10 menit dan 20 menit. Presentase berat komposit yaitu 95 % alumunium 6061 + 5 % serbuk besi. Sehingga penelitian ini mendapatkan hasil uji kekerasan paling tinggi pada spesimen dengan variasi media pendingin air dengan waktu 10 menit 57,3 HRB dan pendingin air dengan waktu 20 menit 59,2HRB. Hasil pengamatan strktur mikro spesimen dengan media pendingin dan waktu pendinginan air 10 menit memiliki butir merata dan spesimen dengan media pendingin dan waktu pendingin memiliki struktur butir yang merata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayu A Septianto, Yuli Setiorini. 2013. Pengaruh media pendingin pada heat treatment terhadap struktur mikro dan sifat mekanik AISI 1340. Jurnal teknik pomits. Vol 2 No. 2 (2013).

Muhammad Zuhri. Pengaruh karburasi dengan variasi media pendingin terhadap struktur mikro baja karbon.

Surono Bagus dan Media Novri. Perubahan nilai kekerasan dan struktur mikro Al-Mg-Si akibat variasi temperatur pemanasan.

Sumaraw A Elvis. 2010. Pengaruh heat treatment terhadap struktur mikro dan kekerasan dengan media quench yang berbeda. Vol 5 No. 2 (2010)

Ferdiaz D Mu’afax Budi Harjanto S.T ., M.Eng., Suharno, S.T., M.T. Pengaruh variasi media pendingin terhadap kekerasan dan struktur mikro hasil remelting Al-Si berbasis limba piston bekas dengan perlakuan degassing.

Published
2020-03-10
Section
Articles