Analisa Pengaruh Variasi Putaran Dan Coolant Terhadap Performa Mesin Diesel Isuzu 4JB1

  • mohammad mufti Prodi Teknik Mesin UNTAG Surabaya
  • Ichlas Wahid

Abstract

Sistem pendinginan pada mesin diesel berfungsi untuk menurunkan temperatur pada mesin yang terjadi dari proses pembakaran. Proses pembakaran selanjutnya akan menghasilkan tenaga mekanis yang kemudian akan menggerakkan mesin. Akibat lain dari proses pembakaran adalah adanya panas yang apabila tidak didinginkan akan merusak komponen dari mesin itu sendiri. Sistem  pendinginan (cooling system) adalah suatu rangkaian untuk mengatasi terjadinya over heating pada mesin agar tetap bekerja secara optimal. hasil pembakaran pada motor bakar yang menjadi tenaga mekanis hanya sekitar 23% sebagian panas keluar menjadi gas bekas dan sebagian lagi hilang melalui proses pendingin

 

Kata kunci: sistem pendingin, diesel, performa mesin, analisa, coolant, radiator

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonymous. 1985. Teknik Pemeliharaan

CCM Sulzer. Penerbit PLTD Lueng

Bata, Banda Aceh.

Drs. Boentaro. 2000. Mengatasi Kerusakan

Mesin Diesel. Penernit Puspa Swara.

Maimun Priyanto, M. Haiba, U.M Budiyanto.

Manajemen Perawatan Mesin.

Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta.

Maleev,V.L, ME., DR. A.M dan Bambang

Priambodo, Ir. 1995. Operasi dan

Pemeliharaan Mesin Diesel. Erlangga,

Jakarta.

Arismunandar, W dan Kuichi Tsuda. 2004.

Motor Diesel Putaran Tinggi. PT

Pradyna Paramita, Jakarta9

Published
2021-02-03
Section
Articles