STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH DERAJAT KEVAKUMAN ANTARA PENUTUP KACA DENGAN ABSORBER PADA PEMANAS AIR TENAGA SURYA PELAT ABSORBER TIPE SINUSOIDAL

  • Royyan Firdaus
  • Djatmiko Insani Teknik Mesin ITS Surabaya

Abstract

Di era sekarang, krisis energi menjadi sorotan karena banyak dari kita sangat mengandalkan energi fosil seperti bahan bakar minyak dan gas, sehingga apabila sumber bahan bakar habis maka segala proses kehidupan juga akan berhenti. Oleh sebab itu perlu adanya pergesaran sumber energi terbarukan yang salah satunya yaitu memanfaatkan energi matahari. Dalam jurnal ini penulis ingin meneliti bagaimana menganalisa dan membuat pemanas air tenaga surya yang efektif dan efisien sehingga dapat dimanfaatkan secara luas oleh banyak orang sebagai alat pemanas air, akan tetapi masih terdapat kekurangan dalam memaksimalkan energi matahari tersebut. Itu semua tergantung rancagan dan analisa alat. Melalui jurnal-jurnal yang pernah ada, peneliti mengambil aspek penting yang perlu untuk di telaah yaitu dengan variasi tingkat kevakuman. Untuk tingkat kevakuman sendiri adalah -40 cm.Hg, -60 cm.Hg, dan -80 cm.Hg. Dengan pemvariasian tingkat kevacuman di antara pelat absorber dan kaca penutup, diharapkan dapat memperkecil koefisien kehilangan, temperatur absorber naik, dan temperatur kaca penutup turun. Sehingga dapat meningkatkan performansi dan efisiensi kolektor.

 

Kata kunci: energi matahari, alternatif, sinusoidal absorber, kolektor efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

R.L. San Martin and G.J. Field, 1975, “ Experimental performance of three solar collectors”, Solar Energy 17, 345-349.

Wang Shing-An, 1979, “ An experimental study of corrugated steel sheet solar water heater”, Solar Energy 23, 333-341.

Lee, J.H., Chung, M & Park, W.H, 1987, “ An experimental and theoretical study on the corrugated water-trickle collector”.

Frank P. Incropera dan David P. Dewitt, 1996, Fundamentals of Heat and Mass Transfer, Fifth Edition, John Wiey and Sons inc, New York.

Moran M.J. dan Shapiro H.N., 1996, Fundamental of Engineering Thermodunamics, Fourth Edition, John Willey andSons inc, New York.

Duffie J.A. dan Beckman W.A, 1991, Solar Engineering of Thermal Processe,. Second Edition, John Willey and Sons inc, New York.

Published
2021-02-03
Section
Articles