Analisis dan Perencanaan Kebutuhan Pompa Guna Memenuhi Kebutuhan Air Bersih di Desa Karangan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang

  • Elisa Sulistyorini Prodi Teknik Mesin Untag Surabaya
  • Supardi Supardi Prodi Teknik Mesin Untag Surabaya
  • Royyan Firdaus Prodi Teknik Mesin Untag Surabaya

Abstract

Air merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Semakin tinggi kebudayan dalam suatu wilayah, maka semakin tinggi kebutuhan air. Bagaimana jika semakin tinggi kebutuhan sedangkan ketersediaan air tidak meningkat? Inilah yang Namanya kekeringan. Kekeringan menjadi suatu masalah pelik di Desa karangan. Hal inilah yang menjadi latar belakang perlunya analisa dan perencanaan kebutuhan pompa guna mengoptimalkan system pendistribusian air yang ada di Desa karangan. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data yang berkaitan dengan jumlah penduduk dan konsumsi air masyarakat dan fasilitas-fasilitas umum. Setelah mengetahui data-data tersebut kemudian dihitung Proyeksi penduduk dan kebututuhan air bersih. Jika sudah memperoleh hasil perhitungan itu maka dapat diketahui kebutuhan pompa untuk mendukung pengoptimalan distribusi air di Desa karangan. Dengan penelitian ini diharapkan distribusi air dari sumber ke perumahan penduduk dan fasilitas-fasilitas dapat optimal sehingga mengurangi tingkat kekeringan di Desa Karangan, terutama pada saat musim kemarau.

 

Kata kunci: Air, Kekeringan, pompa, distribusi air

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Susana, "Air sebagai Sumber Kehidupan," Oseana, pp. 17-25, 2003.

S. Utami and S. K. Handayani , "Ketersediaan Air Bersih Untuk Kesehatan: Kasus Dalam Pencegahan Diare Pada Anak," in Optimalisasi Peran Sains & Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City, Pamulang, Tangerang Selatan, Universitas Terbuka, 2017, pp. 211-235.

E. E. Budianto, "Krisis Air Bersih, Warga Jombang Terpaksa Manfaatkan Air Sendang," 7 Oktober 2019. [Online]. Available: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4736741/krisis-air-bersih-warga-jombang-terpaksa-manfaatkan-air-sendang/2.

W., Ihsan, S., & Sidiq, A. (2018). Analisis Perancangan Pompa Guna Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Pdam Kota Amuntai. Al-Jazari Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 3(1), 89–93. https://doi.org/10.31602/al-jazari.v3i1.1399

Wendy Hartanto, Pedoman menghitung Proyeksi Penduduk dan Angkatan Kerja, Jakarta: Badan Pusat Satatistik, 2010.

S. Adioetomo and O. Samosir, Dasar-Dasar Demografi, Jakarta: Salemba Empat, 2010.

H. Usman and P. . S. Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

T. Haruo and S., Pompa dan Kompresor, Jakarta: Pradnya Paramita, 2000.

Published
2021-08-01
Section
Articles