Analisa Pengaruh Variasi Temperatur Pemanasan dan Media Pendingin pada Proses Carburizing terhadap Pengujian Kekerasan dan Mikro Struktur pada Baja Karbon Rendah

  • Edi Santoso Teknik Mesin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ninik Martini
  • I Made Kastiawan
  • R. Dany Kusuma Dwi Putranta

Abstract

Baja paling sering digunakan sebagai bahan industri, yang merupakan sumber yang sangat besar. Untuk mendapatkan jenis material dengan sifat-sifat yang diinginkan, dapat dilakukan dengan cara post-treating material dengan teknik yang diinginkan. Salah satu cara untuk mengubah sifat-sifat baja karbon adalah dengan proses pack carburizing.

Tujuan dari penelitian ini ialah supaya mengetahui pengaruh fluktuasi suhu dan media pendingin terhadap struktur mikro dan kekerasan baja mentah ST-41. Sumber karbon aktif yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk halus tempurung kelapa dan Na2CO3 sebagai energizer dengan masing-masing 90% karbon aktif dan 10% energizer. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendingin oli SAE 40, air, dan air garam dengan variasi suhu 850°C, 900°C, dan 950°C untuk meningkatkan kekerasan dari perubahan suhu dan pendingin. Juga, gunakan holding time atau waktu tahan selama 45 menit.

Hasil pengujian kekerasan logam dasar adalah 33,65HRC, dan nilai kekerasan maksimum adalah 52,25HRC pada ayunan suhu 950 ° C menggunakan media pendingin air garam yaitu sebesar 52,25 HRC. Hasil pengujian mikrostruktur substrat adalah ferit dan perlit, tetapi struktur mikro material setelah proses pack carburizing adalah sama yaitu ferit dan perlit.

 

Kata kunci : Pack carburizing, temperatur, media pendingin, uji kekerasan dan uji struktur mikro.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-30
Section
Articles