Optimalisasi Burner Idf Menggunakan Jet Udara Chamfer 40° Dengan Variasi Diameter Pipa Bahan Bakar Dan Kecepatan Udara

  • Gatut Priyo Utomo Program Studi Teknik Mesin, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Supardi Supardi
  • Zainun Zainun

Abstract

ABSTRAK

Studi experimental ini menjelaskan tentang proses pembakaran atau combustion dimana menggunakan cara injeksi langsung oksidator dan bahan bakar pada suatu burner secara serentak. Pada dasarnya jenis nyala api dapat di klasifikasikan menjadi  dua macam yaitu nyala api premix dan nyala api difusi.Untuk dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar pada Inverse Diffusion Flame penelitian ini menggunakan burner co-axial yang di modifikasi pada pipa bahan bakar dengan tujuan, mampu mengoptimalkan pembakaran Api Inverse Diffusion Flame yang di pengaruhi oleh variasi pipa bahan bakar dan perubahan laju aliran udara (Qa). Hasilnya jika diameter pipa bahan bakar (ϴfuel)  semakin kecil dan laju aliran udara (Qa) semakin besar maka bentuk api yang keluar dari ujung jet semakin optimal,  dimana Qradiasi di pengaruhi oleh Ts dan As, dari penelitian ini di dapatkan api yang paling optimal terjadi pada diameter pipa bahan bakar (ϴfuel) 28 mm, pada diameter 28 mm neck api yang terjadi pada ujung jet berwarna biru, dengan kapasitas laju alliran udara (Qa) 30 lpm di ketinggian 12 cm, mengasilkan Qradiasi optimal sebesar 1321,353742 W  pada temperatur 1000 °C (1273 °K),  dengan luas selimut 0,008906 m2.

Kata kunci : Inverse diffusion flame,variasi diameter pipa bahan bakar (ϴfuel),Laju aliran udara (Qa), co-axial, zona tercampur, zona bercahaya. Radiasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
Section
Articles