Studi Analisis Perbandingan Laju Perpindahan Panas pada Tube Kondensor menggunakan Material Aluminium Brass di Steam Turbine Unit 3.0 PLTGU PT. PJB UP Gresik dan Material Titanium di Steam Turbine Unit 2 PLTU PT. PJB UP Paiton

  • Royyan Firdaus Program Studi Teknik Mesin, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maula Nafi
  • Moch. Yanuar Ramadhan
  • Rizcky Eka

Abstract

ABSTRAK

Tube kondensor steam turbine 3.0 PLTGU PT PJB UP Gresik rencana mengalami pergantian tube atau retubing dengan material tube pada awalnya Aluminium Brass menjadi Titanium. Penggunaan material Titanium sudah diterapkan di PT PJB UP Paiton. Sehingga, perlu dilakukan analisis perbandingan penggunaan material Aluminium Brass dan material Titanium dalam proses perpindahan panas.

Penelitian ini berdasarkan dari kondensor di PT PJB UP Gresik dan PT PJB UP Paiton serta data yang dibutuhkan meliputi: data sheet kondensor, data aktual steam dan air pendingin saat masuk ke kondensor dan keluar kondensor, serta properti dari masing-masing fluida dan material tube.

Hasil dari analisis perbandingan laju perpinahan panas pada tube kondensor diperoleh hasil yaitu nilai laju perpindahan panas menggunakan material Aluminium Brass: 454,4 KW dan material Titanium: 105,6 KW serta untuk nilai efektifitas material Aluminium Brass: 0,6683 untuk material Titanium: 0,2616. Hasil tersebut sangat dipengaruhi oleh besaran nilai konduktifitas termal masing-masing material. Nilai untuk konduktifitas termal material Aluminium Brass: 100,42 W/(m.K) dan material Titanium: 21,9 W/(m.K). Sehingga nilai laju perpindahan”panas”dan nilai efektifitas selalu berbanding”lurus dengan”nilai konduktifitas termal material yang digunakan.

Penggunaan material Aluminium Brass sangat disarankan dalam proses perpindahan panas, sehingga material Titanium kurang disarankan karena proses perpindahan panas kurang kurang maksimal.

 

Kata kunci: kondensor, tube, retubing, laju perpindahan panas, efektifitas, Aluminium Brass, Titanium

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
Section
Articles