Efektifitas Frekuensi Pengawasan Qualitas Terhadap Pengurangan Jumlah Produk Reject (Studi Kasus Pada PT. Sumi Plast Sidoarjo )

  • * Mahjudin Staf Pengajar Universitas 45 Surabaya

Abstract

Di era globalisasi saat ini semua bidang usaha mengalami perkembangan yang sangat pesat, apalagi ditunjang pula dengan kemajuan tehnologinya. Persaingan menjadi semakin ketat dan kompetitif Untuk memenangkan persaingan tersebut perusahaan-perusahaan saat ini semakin selektif didalam perekrutan tenaga kerja. Perusahaan-perusahaan membu-tuhkan tenaga kerja dengan berlatar belakang kemampuan dan pendidikan yang ber-kompeten. Untuk dapat menghasilkan produk yang berqualitas, perusahaan harus memper-hatikan pola Quality Control atau pemeriksaan atas mutu hasil produksinya yang dilaku-kan mulai dan awal sampai sampai akhir proses. Seperti pemeriksaan mulai dari bahan baku, peralatan yang dipakai produksi sampai akhir proses produksi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pelaksanaan pemeriksaan mutu / quality Control yang efektif dapat menekan kerusaakan atas produk yang dihasilkan oleh PT. Sumi Plast Sidoarjo.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer adalah data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara, observasi, serta tatap muka dengan pihak yang berkepentingan, serta data sekunder yaitu data yang diperoleh dari laporan, arsip dokumen /catatan dan publikasi perusahaan. Data yang diperoleh dikumpulkan, disusun dan dianalisa secara kuantitatif untuk mengkaji hipotesis.

Dari hasil perhitungan korelasi di peroleh nilai sebesar -0,9439, maka dapat dikatakan bahwa antara jumlah kerusakan produk terdapat hubungan ketergantungan yang negatif, yang dapat diartikan bahwa jumlah kerusakan yang teriadi atas hasil produksi dapat ditekan, bila pengawasan lebih ditingkatkan. Hasil perhitungan regresi linier diketahui bahwa supaya kerusakan atas produk akhir tidak melampui batas maksimum kerusakan, maka pengawasan harus dilakukan minimum 5 kali dalam seminggu.

Keyword : jumlah kerusakan dan pengawasan

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Supranto, Statistik Untuk Pimpinan dan Usahawan, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1982

Sumayang, Lalu, 2003, Dasar-dasar Mana-jemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama, Jakarta

Tampubolon, Manahan P, MM, Dr, 2004, Manajemen Operasional, Ghalia Indonesia

Yamit, Zulian, M.Si, Drs, 2005, Mana-jemen Produksi dan Operasi, Edisi ke Dua, EKONISTA, Yogyakarta

Published
2013-01-01
Section
Articles