Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode PCI (Pavement Condition Index ) Di Desa Candi Sidoarjo
Abstract
Jalan artinya sektor yang sangat penting yang menunjang segala aktivitas manusia. Jika jalan tadi didukung sang infrastruktur jalan yang baik, maka jalan membantu seluruh aspek berkembang. karena infrastruktur jalan yang baik bisa memajukan sistem transportasi serta memajukan seluruh aktivitas ekonomi, pendidikan, pertahanan serta keamanan negara. Jalan dengan lintas padat akan mengakibatkan kerusakan jalan. Hal ini akan mengganggu keamanan, ketenangan & kelancaran kegiatan kemudian lintas. Kerusakan jalan ditimbulkan oleh banyak faktor, diantaranya beban tunggangan yang berlebihan (overload), perubahan iklim & syarat lingkungan, buruknya sistem drainase serta menyebabkan tingginya beban lalu lintas, perencanaan yang tak sempurna, serta aplikasi yang tak sinkron menggunakan rencana yang ada. serta kurangnya pemantauan kondisi jalan Desain penelitian langkah pertama untuk mengetahui kondisi lokasi penelitian yang berada di Kecamatan Candi untuk menganalisis objek nyata. pada hal ini mengamati situasi serta syarat yang terjadi di jalan. Lokasi penelitian adalah Kecamatan Candi yang terdiri dari berbagai jalan kota dan jalan desa. memakai alat roll meter, berjalan kaki kamera untuk dokumentasi lokasi, bulpoin serta daftar periksa bentuk yang bermanfaat untuk mengisi akibat pengukuran Jenis menghambatjalan, Data primer yaitu sebuah data yang didapatkan melalui subyek dalam penelitian secara langsung memakai sebuah alat ukur ataupun sebuah alat dalam mengambil data secara langsung yang ada pada subjek selaku sebuah sumber informasi, Data sekunder adalah data yang di dapat dari jurnal-jurnal atau buku-buku yang berkaitan perihal perkerasan jalan. akibat Penelitian rata rata ruas Jalan Kecamata Candi merupakan 80,8 % yang termasuk pada kategori Sangat Baik (very good), Diketahui jenis – Jenis dan persentase kerusakan pada ruas jalan Kecamtan Candi diantaranya Retak Kulit Buaya 53,33% jumlah kerusakan 40 titik, Retak Pinggir 13,33% jumlah kerusakan 10 titik, Tambalan 2,67% jumlah kerusakan 2 titik, Lubang 1,33% jumlah kerusakan 1 titik, pelepasan butir 29,33% jumlah kerusakan 40 titik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pengaruh dampak akibat kerusakan jalan yang menghambat pengguna jalan serta warga secara umum antara lain Kecelakaan, ketenangan pengendara, Perekonomian rakyat, Sosial Budaya, biaya Perawatan kendaraan,Kesehatan masyarakat. tetapi jika tidak segera dilakukan perbaikan maka kerusakan lebih parah akan terjadi sebab air masuk masuk melalui celah-celah retak serta lepasnya butiran sebagai akibatnya laju percepatan kerusakan bagian atas jalan akan semakin cepat.
Downloads
Authors who publish with Extrapolasi agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)