Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode PCI (Pavement Condition Index ) Di Desa Candi Sidoarjo

  • Aldy Rellyanto Pratama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Jalan artinya sektor yang sangat penting yang menunjang segala aktivitas manusia. Jika jalan tadi didukung sang infrastruktur jalan yang baik, maka jalan membantu seluruh aspek berkembang. karena infrastruktur jalan yang baik bisa memajukan sistem transportasi serta memajukan seluruh aktivitas ekonomi, pendidikan, pertahanan serta keamanan negara. Jalan dengan lintas padat akan mengakibatkan kerusakan jalan. Hal ini akan mengganggu keamanan, ketenangan & kelancaran kegiatan kemudian lintas. Kerusakan jalan ditimbulkan oleh banyak faktor, diantaranya beban tunggangan yang berlebihan (overload), perubahan iklim & syarat lingkungan, buruknya sistem drainase serta menyebabkan tingginya beban lalu lintas, perencanaan yang tak sempurna, serta aplikasi yang tak sinkron menggunakan rencana yang ada. serta kurangnya pemantauan kondisi jalan Desain penelitian langkah pertama untuk mengetahui kondisi lokasi penelitian yang berada di Kecamatan Candi untuk menganalisis objek nyata. pada hal ini mengamati situasi serta syarat yang terjadi di jalan. Lokasi penelitian adalah Kecamatan Candi yang terdiri dari berbagai jalan kota dan jalan desa. memakai alat roll meter, berjalan kaki kamera untuk dokumentasi lokasi, bulpoin serta daftar periksa bentuk yang bermanfaat untuk mengisi akibat pengukuran Jenis menghambatjalan, Data primer yaitu sebuah data yang didapatkan melalui subyek dalam penelitian secara langsung memakai sebuah alat ukur ataupun sebuah alat dalam mengambil data secara langsung yang ada pada subjek selaku sebuah sumber informasi, Data sekunder adalah data yang di dapat dari jurnal-jurnal atau buku-buku yang berkaitan perihal perkerasan jalan. akibat Penelitian rata rata ruas Jalan Kecamata Candi merupakan 80,8 % yang termasuk pada kategori Sangat Baik (very good), Diketahui jenis – Jenis dan persentase kerusakan pada ruas jalan Kecamtan Candi diantaranya Retak Kulit Buaya 53,33% jumlah kerusakan 40 titik, Retak Pinggir 13,33% jumlah kerusakan 10 titik, Tambalan 2,67% jumlah kerusakan 2 titik, Lubang 1,33% jumlah kerusakan 1 titik, pelepasan butir 29,33% jumlah kerusakan 40 titik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pengaruh dampak akibat kerusakan jalan yang menghambat pengguna jalan serta warga secara umum antara lain Kecelakaan, ketenangan pengendara, Perekonomian rakyat, Sosial Budaya, biaya Perawatan kendaraan,Kesehatan masyarakat. tetapi jika tidak segera dilakukan perbaikan maka kerusakan lebih parah akan terjadi sebab air masuk masuk melalui celah-celah retak serta lepasnya butiran sebagai akibatnya laju percepatan kerusakan bagian atas jalan akan semakin cepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-29
Section
Articles