ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA KONSTRUKSI DAN PERAWATAN ANTARA PERKERASAN JALAN LENTUR DAN PERKERASAN JALAN KAKU PADA PROYEK FRONTAGE ROAD (Studi Kasus pada Frontage Road Sisi Timur Jl. A. Yani Ruas BRI – Siwalankerto Kota Surabaya)

  • Wateno Oetomo Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustustus 1945 Surabaya
  • Arif Sugiharto Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustustus 1945 Surabaya

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya berupaya menanggulangi kemacetan lalu lintas kota terutama di pusat kota
Jl. Ahmad Yani dengan jalan pembuatan Frontage Road. Pada saat pelaksanaan konstruksi ditemukan kondisi
daya dukung tanah yang kurang memadai sehingga harus dilakukan upaya untuk melakukan stabilisasi tanah
dalam pelaksanaan pembuatan lapis pondasi yang pada akhirnya akan menyebabkan pertambahan biaya
pelaksanaan pekerjaaan dari anggaran yang telah ditentukan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan
bertujuan untuk melakukan pengkajian apakah konstruksi jalan Frontage Road Jl A Yani ruas BRI –
Siwalankerto yang semula menggunakan konstruksi perkerasan lentur apabila digantikan dengan konstruksi
perkerasan jalan kaku akan memberikan keuntungan dari segi biaya pelaksanaan maupun aspek biaya
perawatan operasional jalan tersebut sesuai umur rencana yang telah ditetapkan. Obyek pada penelitian ini
adalah perkerasan jalan kaku dan lentur pada proyek frontage road Jl. A Yani ruas BRI – Siwalankerto Kota
Surabaya. Instrumen dalam penelitian ini adalah efisiensi biaya antara jalan perkerasan kaku (Rigid) dengan
jalan perkerasan lentur (ATB) pada frontage road Jl. A Yani ruas BRI – Siwalankerto Kota Surabaya,
meliputi penentuan kelas jalan, analisis desain tebal perkerasan, dan penentuan biaya-biaya. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah Library study dan Field Research. Hasil penelitian didapatkan
biaya perkerasan dengan umur rencana 20 tahun maka pilihan alternatif yang menguntungkan adalah
perkerasan jalan kaku. Untuk biaya konstruksi dan perawatan perkerasan lentur adalah = Rp.
4.349.025.189,00. Biaya konstruksi dan perawatan perkerasan kaku adalah = 2.977.338.623,00.

Kata kunci : Perkerasan Jalan Lentur, Perkerasan Jalan Kaku, Proyek Frontage Road, Biaya Kontruksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonymus, 1997, Manual Kapasitas Jalan

Indonesia (MKJI), Direktorat

Jenderal Bina Marga, PT. Bina

Karya & Swe Road, Jakarta.

Anonymus, 1998, Rekayasa Lalu Lintas

Angkutan I, Penataran dosen

Perguruan Tinggi Swasta, ITB,

Cisarua Bogor.

AASHTO, 1986, Guide for design of

Pavement Structure.

Care, F.R.A.M. dkk., 2012, Evaluasi

Kondisi Struktural Perkerasan

Lentur Menggunakan Metode

AASHTO 1993 Studi Kasus Ruas

Ciasem Pemanukan (Pantura),

Jurnal Vol 19 No. 1 April 2012.

Catasene, Anthoni J., 1986, Pengantar

Sistem Transportasi Kota,Erlangga,

Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, 1987,

Petunjuk Perencanaan Tebal

Perkerasan Lentur jalan Raya

dengan Metode Analisa Komponen,

Jakarta, Yayasan Badan Penerbit

PU. H. 10-11.

Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen

Proyek dan Konstruksi, Jilid 2 Edisi

Pertama. Penerbit Kanisius,

Yogyakarta.

Direktorat Pembinaan Jalan Raya Kota,

, Standar Perencanaan

Geometrik Untuk Jalan Perkotaa,

Jakarta, Direktorat Jendral Bina

Marga.

Hardiyatmo, Hary Cristady, 2007,

Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah

Mada University Press, Yogyakarta.

Koestalam, P. & Sutoyo, 2010,

Perancangan Tebal Perkerasan

Jalan Jenis Lentur dan jenis Kaku,

PT. Media Saptakarya, Jakarta.

Morlok, EK, 1991, Pengantar Teknik dan

Perencanaan Transportasi,

Erlangga, Jakarta.

Nurahmi, Oktodelina, Kartika Anak Agung

Gde, 2012, Perbandingan

Konstruksi Perkerasan Lentur dan

Perkerasan Kaku serta Analisis

Ekonominya pada Proyek

Pembangunan Jalan Lingkar

Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya 65

Extrapolasi Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya

Desember 2013, Vol. 06, No. 02, hal 55 - 66

Mojoagung, Jurnal Teknik ITS vol

, Sept 2012, E-63.

Sukirman, Silvia, 1994, Dasar-dasar

Perencanaan Geometrik Jalan,

Nova.

Sukirman, Silvia, 1995, Perkerasan Lentur

Jalan Raya, Nova.

Tamin, Ofyar Z, 2000, Perencanaan dan

Pemodelan Transportasi, Eisi

Kedua, ITB, Bandung.

Wignall, Arthur, 1999, Proyek Jalan Teori

dan Praktek, Edisi Keempat,

Erlangga, Jakarta.

Wiwoho, Sri, 2009, Analisa Perbandingan

Beberapa Perkerasan Beton Untuk

Jalan Akses Jembatan Suramadu,

NEUTRON Nol. 9 No. 1 Maret

hal 143-225.

Perpres RI No. 95, 2007, 2008, Perubahan

Keppres No. 80 tahun 2003,

Permata Press, Jakarta.

Permen 31 Tahun 2011, Tata Cara

Pemeliharaan dan Penilikan Jalani.

Published
2013-12-05
Section
Articles