ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA KONSTRUKSI DAN PERAWATAN ANTARA PERKERASAN JALAN LENTUR DAN PERKERASAN JALAN KAKU PADA PROYEK FRONTAGE ROAD (Studi Kasus pada Frontage Road Sisi Timur Jl. A. Yani Ruas BRI – Siwalankerto Kota Surabaya)
Abstract
Pemerintah Kota Surabaya berupaya menanggulangi kemacetan lalu lintas kota terutama di pusat kota
Jl. Ahmad Yani dengan jalan pembuatan Frontage Road. Pada saat pelaksanaan konstruksi ditemukan kondisi
daya dukung tanah yang kurang memadai sehingga harus dilakukan upaya untuk melakukan stabilisasi tanah
dalam pelaksanaan pembuatan lapis pondasi yang pada akhirnya akan menyebabkan pertambahan biaya
pelaksanaan pekerjaaan dari anggaran yang telah ditentukan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan
bertujuan untuk melakukan pengkajian apakah konstruksi jalan Frontage Road Jl A Yani ruas BRI –
Siwalankerto yang semula menggunakan konstruksi perkerasan lentur apabila digantikan dengan konstruksi
perkerasan jalan kaku akan memberikan keuntungan dari segi biaya pelaksanaan maupun aspek biaya
perawatan operasional jalan tersebut sesuai umur rencana yang telah ditetapkan. Obyek pada penelitian ini
adalah perkerasan jalan kaku dan lentur pada proyek frontage road Jl. A Yani ruas BRI – Siwalankerto Kota
Surabaya. Instrumen dalam penelitian ini adalah efisiensi biaya antara jalan perkerasan kaku (Rigid) dengan
jalan perkerasan lentur (ATB) pada frontage road Jl. A Yani ruas BRI – Siwalankerto Kota Surabaya,
meliputi penentuan kelas jalan, analisis desain tebal perkerasan, dan penentuan biaya-biaya. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah Library study dan Field Research. Hasil penelitian didapatkan
biaya perkerasan dengan umur rencana 20 tahun maka pilihan alternatif yang menguntungkan adalah
perkerasan jalan kaku. Untuk biaya konstruksi dan perawatan perkerasan lentur adalah = Rp.
4.349.025.189,00. Biaya konstruksi dan perawatan perkerasan kaku adalah = 2.977.338.623,00.
Kata kunci : Perkerasan Jalan Lentur, Perkerasan Jalan Kaku, Proyek Frontage Road, Biaya Kontruksi.
Downloads
References
Anonymus, 1997, Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI), Direktorat
Jenderal Bina Marga, PT. Bina
Karya & Swe Road, Jakarta.
Anonymus, 1998, Rekayasa Lalu Lintas
Angkutan I, Penataran dosen
Perguruan Tinggi Swasta, ITB,
Cisarua Bogor.
AASHTO, 1986, Guide for design of
Pavement Structure.
Care, F.R.A.M. dkk., 2012, Evaluasi
Kondisi Struktural Perkerasan
Lentur Menggunakan Metode
AASHTO 1993 Studi Kasus Ruas
Ciasem Pemanukan (Pantura),
Jurnal Vol 19 No. 1 April 2012.
Catasene, Anthoni J., 1986, Pengantar
Sistem Transportasi Kota,Erlangga,
Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum, 1987,
Petunjuk Perencanaan Tebal
Perkerasan Lentur jalan Raya
dengan Metode Analisa Komponen,
Jakarta, Yayasan Badan Penerbit
PU. H. 10-11.
Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen
Proyek dan Konstruksi, Jilid 2 Edisi
Pertama. Penerbit Kanisius,
Yogyakarta.
Direktorat Pembinaan Jalan Raya Kota,
, Standar Perencanaan
Geometrik Untuk Jalan Perkotaa,
Jakarta, Direktorat Jendral Bina
Marga.
Hardiyatmo, Hary Cristady, 2007,
Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah
Mada University Press, Yogyakarta.
Koestalam, P. & Sutoyo, 2010,
Perancangan Tebal Perkerasan
Jalan Jenis Lentur dan jenis Kaku,
PT. Media Saptakarya, Jakarta.
Morlok, EK, 1991, Pengantar Teknik dan
Perencanaan Transportasi,
Erlangga, Jakarta.
Nurahmi, Oktodelina, Kartika Anak Agung
Gde, 2012, Perbandingan
Konstruksi Perkerasan Lentur dan
Perkerasan Kaku serta Analisis
Ekonominya pada Proyek
Pembangunan Jalan Lingkar
Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya 65
Extrapolasi Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya
Desember 2013, Vol. 06, No. 02, hal 55 - 66
Mojoagung, Jurnal Teknik ITS vol
, Sept 2012, E-63.
Sukirman, Silvia, 1994, Dasar-dasar
Perencanaan Geometrik Jalan,
Nova.
Sukirman, Silvia, 1995, Perkerasan Lentur
Jalan Raya, Nova.
Tamin, Ofyar Z, 2000, Perencanaan dan
Pemodelan Transportasi, Eisi
Kedua, ITB, Bandung.
Wignall, Arthur, 1999, Proyek Jalan Teori
dan Praktek, Edisi Keempat,
Erlangga, Jakarta.
Wiwoho, Sri, 2009, Analisa Perbandingan
Beberapa Perkerasan Beton Untuk
Jalan Akses Jembatan Suramadu,
NEUTRON Nol. 9 No. 1 Maret
hal 143-225.
Perpres RI No. 95, 2007, 2008, Perubahan
Keppres No. 80 tahun 2003,
Permata Press, Jakarta.
Permen 31 Tahun 2011, Tata Cara
Pemeliharaan dan Penilikan Jalani.
Authors who publish with Extrapolasi agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)