PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE EARNED VALUE (Studi Kasus : Proyek Struktur dan Arsitektur Production Hall-02 Pandaan)

  • Dwi Kartikasari

Abstract

Dalam pelaksanaan suatu proyek jarang ditemui suatu proyek yang berjalan tepat sesuai dengan yang direncanakan. Untuk menghindari kerugian dapat dilakukan pengendalian proyek baik dalam aspek biaya dan waktu dengan metode Earned Value. Pengendalian dilakukan pada proyek Struktur & Arsitektur Production Hall-02 Pandaan, karena pada pelaksanaan proyek mengalami keterlambatan selama empat minggu dari perencanaan. Dari data yang diperoleh dari kontraktor pelaksana, dilakukan perhitungan nilai ACWP (Actual Cost of Work Performance), BCWS (Budgeted Cost Work Schedule), dan BCWP (Budgeted Cost for Work Performed). Dari parameter tersebut dilakukan estimasi terhadap aspek biaya dan waktu. Selanjutnya menganalisa percepatan proyek pada lintasan kritis pekerjaan. Analisis Earned Value dilakukan pada minggu ke-14 dengan nilai ACWP Rp. 10.468.012.258,01, nilai BCWS Rp. 12.471.916.830,34 dan nilai BCWP Rp. 9.729.793.225,00. Hasil analisis data diperoleh estimasi nilai akhir proyek sebesar Rp. 18.339.852.330,84 dengan penyelesaian waktu pelaksanaan selama 170 hari.

Kata kunci : Pengendalian proyek, earned value

Downloads

Download data is not yet available.

References

An American National Standard ANSI/PMI (2004), A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide), project Management Institute.

Arianto, Arif, 2010. Eksplorasi Metode Bar Chart, CPM, PDM, PERT, Line of Balance dan Time Chainage Diagram dalam Penjadwalan Proyek Konstruksi, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Dannyati, Eka, 2010. Optimalisasi Pelaksanaan Proyek dengan Metode Pert dan CPM (Studi Kasus Twin Tower Building Pasca Sarjana Undip), Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Dipohusodo, Istimawan, 1996. Manajemen Proyek Konstruksi Jilid I, Kanesius, Jakarta.

Ervianto, 2004. Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Andi, Yogyakarta.

Flemming, Q.W., Koppelman, J.M., 1994. The Essense and Evolution of Earned Value, AACE Transactions.

Frederika, Ariany, 2010. Analisis Percepatan Pelaksanaan dengan Menambah Jam Kerja Optimum pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Super Villa, Peti Tenget-Badung), Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Universitas Udayana, Denpasar.

Hartono, Widi dkk, 2007. Earned Value Method untuk Pengendalian Biaya dan Waktu (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Balaikota Surakarta), Gema Teknik

Husen, Abrar, 2008. Manajemen Proyek, Andi, Yogyakarta.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep. 102/MEN/VI/2004. Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur.

Ketut Sudarsana, Dewa, 2008. Pengendalian Biaya dan Jadual Terpadu pada Proyek Konstruksi, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Universitas Udayana, Denpasar.

Pranowo, Didik dkk, 2007. Pengendalian Proyek dengan Metode Earned Value (Studi Kasus Proyek Rusunawa Universitas Diponegoro Semarang), Laporan Tugas Akhir, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Rahman, Irfanur, 2010. Earned Value Analysis Terhadap Biaya pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung C Fakultas Mipa Uns), Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Rismawan, Alfiyan, Kajian Pengendalian Biaya dan Waktu Menggunakan Metode Earned Value Studi Kasus: pada Proyek The Grove Apartment HK-PP JO, Program Studi Teknik Sipil Unpak.

Soeharto, Imam, 1997. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional, Erlangga, Jakarta.

Sumaryani, 2010. Analisis Konsep Nilai Hasil pada Proyek Pembangunan Gedung Parkir Roda Dua Bertingkat 4 Lantai UMS dengan Program Microsof Project 2007, Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Published
2014-12-05
Section
Articles