Studi Kelayakan Pembangunan Flyover Pada Persimpangan Bulak Kapal Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat
Abstract
Kota Bekasi merupakan salah satu daerah Kawasan Industri terbesar di Indonesia, namun kemacetan menjadi masalah utama di Kota Bekasi terutama pada persimpangan Bulak Kapal. Hal ini dapat mengganggu aktifitas pergerakan orang, barang, bahkan jasa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kapasitas lalu lintas pada Persimpangan, mengetahui penyebab kemacetan di persimpangan, dan mengkaji kelayakan pembangunan fly over Bulak Kapal Bekasi Timur, Kota Bekasi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu menghitung tingkat volume lalu lintas, tingkat kapasitas kendaraan pada ruas jalan persimpangan Bulak Kapal, analisis tingkat kinerja jalan berupa Derajat Kejenuhan (DS), analisis perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), analisis Benefit Cost Ratio (BCR) dan analisis Net Present Value (NPV). Hasil dari penelitian ini yaitu pada kondisi eksisting Tahun 2018 nilai DS 1,33 > 1 pada jam sibuk sore hari 16.00 - 17.00 dan DS 1,04 > 1 pada jam sibuk pagi hari 06.00 - 07.00, maka kinerja jalan sudah hampir tidak berfungsi dengan baik. Jika dilihat dari hasil perhitungan dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa pembangunan flyover pada Persimpangan Bulak Kapal layak dari segi lalu lintas. Dengan nilai BCR 1,960 > 1 dan NPV Rp 6.784.660.602,07 > 0.
Kata Kunci : Analisis ekonomi, Analisis kinerja jalan, flyover Bulak Kapal
Downloads
Authors who publish with Extrapolasi agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)