IDENTIFIKASI DAN PENGENDALIAN SERTA ANALISIS BIAYA RESIKO TERHADAP K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) PADA PROYEK PEMBANGUNAN UNIVERSITAS WIDYA MANDALA PAKUWON CITY SURABAYA

  • Imelda Natalia Rahaded

Abstract

Masalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara umum di Indonesia masih sering terabaikan.Hal ini ditunjukkan dengan masih tingginya angka kecelakaan kerja. Pada penelitian ini akan diteliti mengenali identifikasi resiko K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), bagaimana tindakan penanganan/ pengendalian K3, serta analisis biaya K3 yang berkaitan dengan kegiatan proyek pembangunan Universitas Widya Mandala Pakuwon City Surabaya.  Dalam penelitian ini akan digunakan metode penilaian menggunakan matriks penilaian resiko yang bersumber dari Suardi 2005:80 penilaian resiko. Setelah diidentifikasi dan dinilai resiko-resiko tersebut akan dilakukan usulan perbaikan menggunakan metode RCA (Root Cause Analysis). Selanjutnya dilakukan analisis biaya terhadap usulan pengendalian resiko. Dari penelitian ini diperoleh tiga resiko tertinggi, yaitu : bongkar bekesting kolom terdapat resiko orang jatuh dengan indeks resiko sebesar 7,92, pekerjaan jasa dan saluran terdapat resiko longsornya galian dengan indeks resiko sebesar 7,56, pekerjaan galian slub terdapat resiko longsornya galian dengan indeks resiko sebesar 6,48. Dengan biaya yang diusulkan untuk pengendalian sebesar Rp. 170.160.400 (seratus tujuh puluh juta seratus enam puluh ribu empat ratus rupiah). Disarankan bahwa dalam penelitian tersebut perlu dilakukan penelitian mengenali sistem reward and punishment yang efektif untuk sistem manajemen resiko.

Kata kunci :  Identifikasi resiko, Pengendalian resiko, Analisis biaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darma, Eka R (2009), Identifikasi Penyebab Kecelakaan Kerja Menggunakan Fault Tree Analysis Pada Proyek Pembangunan TheAdiwangsa Surabaya, Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan FTSP-ITS, Surabaya.

Darmawi H., (1990), Manajemen Resiko, Bumi Aksara : Jakarta.

Munir, Sahibul (2008) Metodologi Penelitian, Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana.

Ramli, Soehatman, (2010) Pedoman Praktis Manajemen Resiko dalam Perspektif K3 OHS Risk Management, Dian Rakyat, Jakarta.

Riduwan (2009), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta, Bandung.

Ruliawanti, Dini (2007) Identifikasi dan Pengendalian Kecelakaan Kerja pada Beberapa Proyek Konstruksi Gedung di Surabaya.Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan FTSP-ITS, Surabaya.

Santosa, Budi (2010) Manajemen Proyek Konsep dan Implementasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Santoso Gempur., (2004), Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Presentasi Pustaka Publisher : Tangerang, Banten

Suara Karya, (2010), Angka Kecelakaan Kerja di Indonesia Masih Tinggi, Semarang. (www.bataviase.co.id, diakses 23 Mei 2010).

Suardi Rudi., (2005), Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PPM : Jakarta.

Sugiyono. (2012), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Published
2014-12-21
Section
Articles