ANALISIS RESIKO KONSTRUKSI SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM UMBULAN

  • Firta Riyanti Dewi Kurnia Sari

Abstract

Proyek SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Umbulan merupakan proyek prioritas  Pemerintah  yang terdapat dalam MP3EI dengan  masa konsesi berlangsung selama 25 tahun. Jangka waktu yang panjang ini akan menimbulkan banyak resiko, karena kondisi yang “uncertaintyâ€.  Masing-masing resiko tersebut spesifik dan kompleks. Resiko dalam bidang konstruksi itu sendiri sangat beragam dan kompleks dan diperlukan analisa resiko secara detail. Resiko dalam bidang konstruksi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mencari urutan tingkat resiko, serta menentukan metode konstruksi yang tepat untuk pemasangan pipa transmisi SPAM Umbulan.  Penelitian dilakukan dengan analisa kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling yaitu pada personil yang terlibat langsung pada pemasangan SPAM. Berdasarkan model yang dikembangkan dari teori yang relevan dengan melakukan pengujian atas model dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) berbasis AMOS. Analisa kualitatif digunakan untuk menentukan metode pemasangan pipa sesuai dengan kondisi lebar jalan yang ada. Metode pemasangan pipa dibedakan menjadi 3 metode sesuai dengan konsisi lahan, yaitu  metode open trench, metode microtunnel dan metode pipe bridge.  Dengan menggunakan analisa Confirmatory Factor Analysis pada metode open trench diperoleh bahwa resiko tertinggi terdapat pada variabel kondisi lahan dengan loading factor 0.937, pada metode microtunnel  diperoleh bahwa resiko tertinggi terdapat pada variabel teknik dan konstruksi dengan loading factor 0,963, sedangkan pada metode pipe bridge  diperoleh resiko tertinggi terdapat pada variabel peralatan  dengan loading factor 0,926. Pada penggalian Tipe A dan Tipe B dilakukan dengan menggunakan alat berat sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan dengan biaya yang lebih rendah. Sedangkan pada penggalian Tipe C dengan cara manual membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan alat, dan karena lamanya proses tersebut mengakibatkan biaya yang lebih besar.

Kata kunci: Resiko konstruksi, metode konstruksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, I & Fuad. 2005. Structural Equation Modeling (Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program LISREL 8.54). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair, J.F. JR., Anderson, R.E, Tatham, R.L. & Black, W.C. 2006. Multivariate Data Analysis. Six Edition. New Jersey : Pearson Educational, Inc

Hardcastle, C; Edwards P.J.; Akintoye, A.; Li, B., Critical Success Factors For PPP/PFI Project In The UK Construction Industry, United Kingdom.

Indonesian Infrastructure Initiative (IndII), 2009, Umbulan Spring Water Supply Project, PPP Overview, Jakarta.

Jin, Xiao-Hua; Doloi, Hemanta, 2007, Risk Allocation In PPP :An Inovative Model With An Intellegent Approach.

Karim, Abdul, 2011, Risk Allocation In PPP Project : Review On Risk Factors, Kuala Lumpur.

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, 2010, Panduan Bagi Investor Dalam Investasi Di Bidang Infrastruktur

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, 2011, Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2015, Jakarta.

Kline, Rex B. , 2005. Principle and Practice of Structural Equation Modeling. Second Edition. New York: The Guilford Press.

Lanti, Achmad, (1998-2008), 10 Tahun Kerjasama Pemerintah –Swasta (KPS) Air Minum di DKI Jakarta

Published
2014-12-22
Section
Articles