PENGARUH EFISIENSI ALAT BERAT PADA PEKERJAAN JALAN PROYEK PEMBENAHAN PABRIK ASAM PHOSPAT PT. PETROKIMIA GRESIK JAWA TIMUR

  • Sugeng Dwi Hartantyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui cara menghitung waktu efisiensi alat berat khususnya untuk item pekerjaan tanah (earth work) pada pekerjaan pembangunan jalan Proyek Pembenahan Pabrik Asam Phospat PT. Petrokimia Gresik. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapatkan dari hasil efisiensi alat berat berat khususnya untuk item pekerjaan tanah (earth work) pada pekerjaan pembangunan jalan Proyek Pembenahan Pabrik Asam Phospat PT. Petrokimia Gresik. Menetapkan bahwa untuk waktu pelaksanaan item pekerjaan tanah (earth work) hanya membutuhkan waktu kurang lebih 9 hari dari waktu rencana yang dijadwalkan memakan waktu sekitar 5 minggu. Dengan adanya efisiensi waktu yang berujung pada percepatan waktu pelaksanaan proyek, maka akan berpengaruh terhadap anggaran proyek yang akan dikeluarkan. Semakin cepat pelaksanaan suatu proyek, maka semakin kecil pula biaya operasional yang akan dikeluarkan. Sehingga, profit (keuntungan) dari pengerjaan proyek tersebut juga akan semakin bertambah. Untuk item pekerjaan tanah (earth work) sesuai dengan perhitungan dapat diperoleh keuntungan sebesar Rp 214.450.505,00 (Dua Ratus Empat Belas Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Lima Ratus Lima Rupiah).

Kata kunci: alat berat, efisiensi waktu dan biaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pekerjaan Umum, 2006. Spesifikasi Umum. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, 1999, Sertifikasi Tenaga Inti Konsultan Supervisi, Modul IIIA, Filosofi Spesifikasi Dan Pengendalian Mutu, Jakarta.

Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik. 1970. Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya. Jakarta: Badan Penerbit Pekerjaan Umum

Dugdale, R.H., 1986. Ilmu Ukur Tanah. Jakarta : Erlangga.

Hendarsin, S.L., 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung : Politeknik Negeri Bandung.

Kurnia, N.F., 2010. Studi Evaluasi Pelaksanaan Pekerjaan Lapis Pondasi Pada Pembangunan Jalan Babat-Padangan-Bojonegoro. Malang : Universitas Negeri Malang.

Program Pascasarjana. 2011. Buku Pedoman Penulisan Proposal Dan Tesis. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Septivana, K., 2010. Laporan Praktek Industri Pada Proyek Pembangunan Jalan Dan Jembatan Ruas – Babat – Widang – Lamongan - Gresik. Malang : Universitas Negeri Malang.

Suryadharma, Susanto, B., 1999. Rekayasa Jalan Raya. Yogjakarta : Universitas Atma Jaya Yogjakarta.

Http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek

http://huangcorp.wordpress.com/2008/04/29/manajemen-kualitas-quality-management/Manajemen Kualitas (Quality Management)

Published
2015-12-02
Section
Articles