PENILAIAN KELAYAKAN INVESTASI ALAT BERAT PELABUHAN PETI KEMAS TANJUNG EMAS SEMARANG

  • Mochamad Nadjib

Abstract

Keputusan untuk melakukan investasi alat berat pada pelabuhan peti kemas tanjung emas semarang, memerlukan analisis dan kajian-kajianyang mendalam, karena banyak melibatkan alat berat baik dari jenis, type maupun jumlahnya sehingga memerlukan modal awal yang cukup besar dan  membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengembalian modal investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai investasi dan waktu pengembalian modal masing-masing alat berat pada pelabuhan peti kemas tanjung emas semarang. Studi kelayakan atau feasibility study merupakan suatu gagasan atau usulan diwujudkan menjadi kenyataan. Sebagai bahan pengambilan keputusan maka studi kelayakan harus mencakup beberapa aspek yang terkait sesuai lingkup usaha dan tujuannya. Aspek-aspek proyek atau investasi yang dikaji meliputi aspek teknis, aspek ekonomi dan keuangan.  Untuk menentukan nilai investasi dan waktu pengembalian modal pada pelabuhan peti kemas tanjung emas semarang digunakan rumus net present value (NPV), internal rate of return (IRR) dan discounted payback period (DPP).    Hasil analisis investasi alat berat pada pelabuhan peti kemas ini di dapat dari Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR), dan Discounted Payback Period (DPP) layak investasi.

Kata kunci : Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR), dan Discounted Payback Period (DPP)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Istopo, Capt, (2006). Kapal Beserta Muatannya, PT. Panca Niaga, Jakarta.

Mahardhika, Dhimas, (2007). Sistem Angkutan Peti-Kemas, Widya Pustakan.

Purba, Radian, (2001). Angkutan Muatan Laut, PT. Angkasa Raya, Jakarta.

Siswadi, (2005). Kajian Kinerja Peralatan Bongkar-Muat Peti¬kemas Di Terminal Peti-Kemas Semarang (OPKS), PT. Nova, Semarang.

Tamin, Ofyar Z, (2004). Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.

Triatmodjo, Bambang, (2006). Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta.

Soetari Endang, 2014. Manajemen Proyek. Pustaka Setia, Bandung.

Suharto Imam, 1997. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional, Erlangga.

Pujawan I Nyoman, 1995. Ekonomi Teknik. Candimas Metropole. Jakarta

Suryabrata Sumardi, 1983. Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada jakarta.

Bahar Syamsul Bahri, 2015. Analisis Investasi Alat Berat Pada Pekerjaan Pengaspalan Jalan Lapis Penetrasi Macadam Asbuton di Kabupaten Buton Utara Sulawesi Tenggara. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Salia Zakri Rizto, 2014. Analisis Investasi Pengadaan Alat Berat di PT. Karbindo Abesyapradhi Dengan Metode NPV dan IRR, Universitas Negeri Padang.

Limanto Sentosa, 2011. Evaluasi Investasi Proyek Pengembang Perumahan Memakai Mekanisme Teknis Aliran Dana Diskonto, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Bhekti Dwi Yogo dan Indryani Retno, 2009. Analisa Pemilihan Alternatif Bentuk Investasi Alat Berat Motor Greader. Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bangka.

Linardyi Viranggo, 2010. Studi Analisis Investasi Alat Berat, Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Published
2015-12-06
Section
Articles