STUDI KELAYAKAN FINANSIAL PEMBANGUNAN GEDUNG PARKIR PONPES AMANATUL UMMAH DESA KEMBANG BELOR KECAMATAN PACET MOJOKERTO

  • M. Fashikhul Lisan

Abstract

Ponpes Amanatul Ummah di Desa Kembangbelor Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto memiliki luas ± 50.423 m2. Dengan kian meningkatnya jumlah murid, guru dan pegawai, salah satu permasalahan yang dihadapi adalah terbatasnya ruang parkir. Kurangnya tempat parkir menyebabkan parkir kendaraan menjadi semrawut dan banyak yang parkir di-pinggir jalan sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Saat ini direncanakan untuk membangun gedung parkir bertingkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik parkir, kebutuhan ruang parkir dan kelayakan finansial pembangunan gedung parkir tersebut. Data sekunder yang dikumpulkan meliputi data jumlah guru, pegawai murid, gambar rencana dan estimasi biaya pembangunan gedung parkir. Data primer yang dikumpulkan meliputi data pencatatan nomor plat kendaraan yang parkir dan inventarisasi fasilitas parkir. Kemudian dilakukan analisis karakteristik parkir sehingga didapat kebutuhan parkir dan selanjutnya dianalisis kelayakan finansialnya (dengan indikator NPV, BCR dan IRR). Dari hasil analisis diperoleh karakteristik parkir sepeda motor dan kendaraan roda empat meliputi volume parkir kendaraan (kendaraan/jam) dan rata-rata lamanya parkir (jam/kendaraan).  Kemudian dibuat analisis kelayakan finansial untuk alternatif I (seluruh kendaraan ringan dikenakan biaya). Untuk alternatif II (seluruh kendaraan ringan dan sepeda motor dikenakan biaya). Kedua alternatif tersebut dianalisa dan apabila  masih belum layak secara finansial, selanjutnya dicoba alternatif III (dengan menaikkan tarif parkir).

Kata kunci : gedung parkir, karakteristik parkir, kelayakan finansial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, I.1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian FasilitasParkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan. Jakarta.

Adler, H.A., 1982. Evaluasi Ekonomi Proyek-Proyek Pengangkutan, Pedoman dengan 15 studi kasus, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta

Black, John. 1981. Urban Planning, Johns Hopkins University Press, Baltimore.

Ervianto, W. I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi . Yogyakarta : CV. Andi offset.

Giatman, M. 2006. Ekonomi Teknik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Indriantoro, N dan Bambang, S. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Khisty, J.C. 2003 Transportation Engineering : An Introduction/Third Edition, Pearson Education, Prentice Hall.

Kodoatie, R.J. 1995. Analisis Ekonomi Teknik, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Oppenlender, J.C. 1976. Manual of Traffic Engineering Studies, Institute of Transportation Engineering Washington DC.

Prawirosentono, S. 2007. Manajemen Operasi.Jakarta: Bumi Aksara.

Puteri, P.E.A. 2006. Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Parkir di Kawasan Pasar Umum Gianyar Fakultas Teknik Sipil , Universitas Udayana.

Soeharto, I. 1995. Manjemen Proyek ( Dari Konseptual sampai Operasional). Gelora Aksara Pratama.

Sugita, I Nyoman, 2011, Kajian Kelayakan Finansial Pembangunan Gedung Parkir Universitas Udayana, Tesis, S2, Program Pascasarjana Udayana

Sutami, A. 2007. Studi Karaktersistik dan Pengendalian Parkir di Sekolah Taman Rama Denpasar, Tugas Akhir, S1, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Sutapa, K. 2008. Analisis Karakteristik dan Pemodelan Kebutuhan Parkir pada Pusat Perbelanjaan di Kota Denpasar. Program Magister. Program Studi Teknik Sipil Transportasi. Universitas Udayana.

Tamin, O.Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi, Edisi Ketiga, ITB, Bandung.

Published
2015-12-08
Section
Articles